Sukses

Pendidikan Karakter SMA Se-Kabupaten Tegal

Keluarga Alumni SMAN 1 Pagerbarang menggelar seminar dengan tema "Meraih mimpi dan masa depan gemilang dengan santun, bijak dan excellent".

Citizen6, Tegal: Alumni SMAN 1 Pagerbarang bekerjasama dengan civitas akademik SMA dan OSIS SMAN 1 Pagerbarang, Tegal menggelar seminar "Meraih mimpi dan masa depan gemilang dengan santun, bijak dan excellent".

Seminar yang dilaksanakan Sabtu, 1 Februari 2014 di Gedung Serba Guna SMAN 1 Pagerbarang dihadiri oleh Kabag Pemerintahan yang mewakili Bupati Tegal yaitu Bapak Fakihurrokhim dan Bapak Ahmad mewakili kepala dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Tegal yang sekarang ini menjabat sebagai Kepala SMAN 1 Pagerbarang. Selain itu, seminar tersebut juga dihadiri para pelajar SMA Se-Kabupaten Tegal, sebanyak kurang lebih 200 peserta.

Fakihurrokhim mengatakan, bapak bupati sangat mengapresiasi seminar pendidikan karakterk ini. Ia memaparkan, setiap orang mempunyai kepribadian yang berbeda-beda yang diberikan oleh Tuhan. Kepribadian bukanlah karakter, karakter merupakan pemberian pandangan terhadap ilmu seperti kejujuran dan kecerdasan.

Di sisi lain, Fakih juga menjelaskan 2 agenda penting yang perlu diperhatikan siswa SMA dan mahasiswa, yaitu lahirnya undang-undang tentang desa dan pemilihan umum. Pertama, lahirnya undang-undang tentang desa yang telah disahkan di akhir 2013. Yaitu berupa alokasi bantuan setiap desa sejumlah 500 juta sampai 1 miliar di Kabupaten Tegal, yang bertujuan untuk mensejahterahkan masyarakat.

Kedua, pemilihan Umum DPRD dan presiden. Siswa sebagai pemilih pemula diharapkan dapat menentukan pilihan secara cerdas guna menentukan nasib bangsa 5 tahun mendatang. Akhir sambutan beliau memberikan pesan kepada kelas XII yang merupakan sebagian besar dari peserta seminar pelajar SMA Se-Kabupaten Tegal untuk membangun kepercayaan, motivasi untuk belajar keras dan membaca serta memanfaatkan teknologi secara Positif.

Selanjutnya yaitu acara inti berupa materi seminar tentang pendidikan karakter yang disampaikan oleh para aktivis kampus di Indonesia yang merupakan alumni SMAN 1 Pagerbarang.

Di akhir seminar beberapa peserta memberikan pesan dan kesannya bagaimana mereka menjadi termotivasi untuk melanjutkan pendidikan lebih tinggi, bersemangat belajar untuk menghadapi Ujian Nasional, dan lebih berusaha untuk peduli terhadap lingkungan sekitar. Selain itu, mereka berharap agar seminar pendidikan karakter seperti ini dapat dilaksanakan setiap tahunnya khususnya bagi pelajar SMA Se-Tabupaten Tegal. (mar)

Penulis
Siska Melani (Mahasiswa Universitas Diponegoro)
Tegal, siskabiologxxx@gmail.com

Baca juga:
Siswa Berprestasi Bukan Dominasi Sekolah Favorit
Mahasiswa PGRI NTT Tolak Dualisme Kepemimpinan di Kampus
14 Sekolah Juara Siap Terima 425 Yatim Dhuafa


Disclaimer:

Citizen6 adalah media publik untuk warga. Artikel di Citizen6 merupakan opini pribadi dan tidak boleh menyinggung SARA. Isi artikel menjadi tanggung jawab si penulisnya.

Anda juga bisa mengirimkan link postingan terbaru blog Anda atau artikel disertai foto seputar kegiatan komunitas, kesehatan, keuangan, wisata, kuliner, gaya hidup, sosial media, dan lainnya ke Citizen6@liputan6.com.

Mulai 7 Januari sampai 7 Februari 2014 Citizen6 mengadakan program menulis bertopik dengan tema "Warga Mengadu". Ada hadiah dari Liputan6.com dan Dyslexis Cloth bagi 6 artikel terpilih. Caranya bisa disimak di sini.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.