Unik, Festival 1000 Duren Kalibawang Jogja

on Feb 10, 2014 at 09:38 WIB

Citizen6, Jakarta: Kulon Progo, DIY. Awal tahun 2014,  masyarakat di wilayah Daerah Istimewa Yogyakarta sedang gandrung Durian. Dapat dijumpai di jalanan kota Yogyakarta khususnya Kulon Progo banyak dijajakan buah Durian. Guna memanjakan pecinta Durian warga Kalibawang Kulon Progo menggelar Festival 1000 Duren pada Minggu, 9 Februari 2014 dengan bertempat di halaman SD Tegalharjo Kalibawang Kulon Progo.

Durian yang ditawarkan pada acara tersebut merupakan hasil bumi dari wilayah Kalibawang. Tak hanya Durian yang dapat dijumpai pada Festival tersebut melainkan ada juga buah Naga, Manggis, Rambutan, Pete, Gula Jawa sampai pada makanan tradisonal khas Kalibawang yaitu slondok.

Berbagai varian harga yang ditawarkan dari Durian tersebut dari harga Rp 20.000 hingga Rp 150.000 tetapi pengunjung masih bisa menawarnya. Nikmatnya Durian dapat dirasakan pada Festival Duren ini. Masyarakat Jawa menyebut dengan istilah “ono rego, ono rupo” yang artinya ada harga ada barang. Sehingga harga yang dipatok disesuaikan dengan kualitas Durian yang dijajakan.



Peminat dari Festival Durian ini sudah berdatangan sejak pukul 07.30 pagi. Tak hanya warga Kulon Progo yang memiliki animo tinggi terhadap acara ini, warga luar wilayah Kulon Progo pun turut menyemarakkan Festival seperti dari Magelang, Purworejo, Gunung Kidul, Bantul, dan Sleman. Pengunjung dapat membeli Durian langsung atapun untuk dibawa pulang.

Durian dapat dinikmati di tempat karena panitia menyediakan tikar dan air mineral di sepanjang emperan SD. Saat membeli Durian, panitia menyarankan agar pengunjung meminta pedagang membukakan Durian apabila Durian yang dibeli terdapat kerusakan hingga 75% dapat ditukar dengan yang baru. Pencinta Durian tak perlu khawatir kehabisan karena masih bisa mendapatkannya di sepanjang jalan wilayah Kalibawang Kulon Progo. (kw)

Penulis:
Fitri, Yogyakarta
nengg.fitriXXX@gmail.com

Baca Juga:
Ini Alasan Patung Akar Titik Nol Yogyakarta Dicopot
Peresmian Kapel St Antonius Mlesen Yogyakarta

Disclaimer:

Citizen6 adalah media publik untuk warga. Artikel di Citizen6 merupakan opini pribadi dan tidak boleh menyinggung SARA. Isi artikel menjadi tanggung jawab si penulisnya.

Anda juga bisa mengirimkan link postingan terbaru blog Anda atau artikel disertai foto seputar kegiatan komunitas, kesehatan, keuangan, wisata, kuliner, gaya hidup, sosial media, dan lainnya ke Citizen6@liputan6.com

Suka artikel ini?

0 Comments