Sukses

Pentingnya Original Reference dalam Penyusunan Karya Ilmiah

Tujuan diadakannya workshop: membekali mahasiswa peserta Program Pra-S2 dengan pengetahuan tentang teknik penyusunan proposal penelitian.

Citizen6, Yogyakarta: Fakultas Biologi Universitas Gadjah Mada (UGM) mengadakan workshop Teknik  Penyusunan  Proposal, Publikasi Jurnal  dan Penguasaan Teknologi  Informasi pada hari Kamis (13/2) bertempat di ruang sidang atas Fakultas Biologi UGM bagi peserta program Pra-S2 Biologi UGM angkatan 2013. Acara yang diikuti oleh 33 peserta dari daerah terdepan, terluar, dan tertinggal (T3)  dari beragam daerah di Indonesia tersebut, menghadirkan Dr. Budi  Setiadi Daryono, M.Agr.Sc. dan Dr. Bambang Retno Aji, M.Sc. sebagai pembicara.

Tujuan diadakannya workshop adalah membekali mahasiswa peserta Program Pra-S2 dengan pengetahuan tentang teknik penyusunan proposal penelitian yang memenuhi kriteria penelitian tesis dan pengetahuan dasar tentang teknik penulisan hasil penelitian untuk dipublikasikan dalam jurnal ilmiah, serta kemampuan dan keterampilan kompetensi dasar dan penggunaan fasilitas internet untuk kepentingan pelacakan informasi ilmiah dan komunikasi sosial. Bentuk kegiatan dalam workshop tersebut yaitu pemaparan materi, yaitu materi Teknik Penyusunan Proposal oleh Dr. Budi  Setiadi Daryono, M.Agr.Sc. dan materi Penggunaan Fasilitas Internet oleh Dr. Bambang Retno Aji, M.Sc., diikuti dengan dengan diskusi dan latihan untuk merumuskan permasalahn dan tujuan penelitian serta kerja kelompok untuk meakukan browsing informasi dan jurnal ilmiah sekaligus membahas contoh beberapa artikel dari jurnal ilmiah.

Menurut Dr. Budi  Setiadi Daryono, M.Agr.Sc., wakil dekan bidang Akademik dan Kemahasiswaan Fakultas Biologi UGM, referensi merupakan hal yang penting dalam penyusunan proposal maupun naskah penelitian. “Saat ini banyak orang yang hanya sekedar browsing dan copy paste dari internet, seharusnya dalam penyusunan naskah ilmiah menggunakan original reference”, papar Dr. Budi. Selain pembuatan proposal penelitian, pada workshop ini para peserta juga diberi penjelasan seputar cara untuk mendapatkan sumber referensi primer (jurnal dan paten), referensi sekunder (review dan monograf), dan referensi tersier (text book) dengan memanfaatkan teknologi informasi.

Adapun Dr. rer. nat. Ari Indrianto, S. U., pengelola program pra-S2 Fakultas Biologi UGM, mengungkapkan bahwa tujuan diadakannya workshop tersebut adalah untuk melatih kemampuan dan keterampilan komputasi dasar, pelacakan informasi ilmiah melalui internet dan pembuatan proposal penelitian. “Setelah mengikuti workshop ini, diharapkan para peserta dapat memiliki softskill  ”, papar Dr. Ari.

Peserta workshop sangat antusias mengikuti rangkaian acara tersebut, Menurut Marwan Funna, S.Pi., peserta workshop dari Aceh, mengatakan bahwa publikasi ilmiah merupakan hal yang masih jarang dan  tabu dibicarakan di daerah T3. “Kami merasa sangat terbantu dalam hal penulisan dan publikasi karya ilmiah, kami berharap ilmu yang kami dapatkan dapat kami bagi dan kami aplikasikan ketika pulang ke daerah asal nanti ”, sahut Marwan. Hal senada disampaikan oleh Idola D.Y Nebore, S.Si, peserta workshop dari Papua Barat, “Seputar informasi ilmiah di kampus kami masih agak tertinggal, kami sangat bersyukur melalui workshop ini akhirnya kami menemukan inovasi pembelajaran”, ujar Idola.

Penulis:
Ardhiani Kurnia Hidayanti

Baca Juga:
EGSA Geografi UGM Gelar Ekspedisi Intervolcano Basin
Professor University of Glasgow Beri Kuliah di UGM

Disclaimer:

Citizen6 adalah media publik untuk warga. Artikel di Citizen6 merupakan opini pribadi dan tidak boleh menyinggung SARA. Isi artikel menjadi tanggung jawab si penulisnya.

Anda juga bisa mengirimkan link postingan terbaru blog Anda atau artikel disertai foto seputar kegiatan komunitas, kesehatan, keuangan, wisata, kuliner, gaya hidup, sosial media, dan lainnya ke Citizen6@liputan6.com




 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

    Video Terkini