Sukses

Siswa SMP Jadi Wartawan, Wawancarai Gus Ipul

Sebanyak 30 siswa berkumpul di SMP Insan Cendekia Sidoarjo mengikuti pelatihan jurnalistik yang bertema menjadi wartawan sehari.

Citizen6, Surabaya: Sebanyak 30 siswa berkumpul di SMP Insan Cendekia Sidoarjo pada 22 Februari 2014. Para pelajar kelas VII dan VIII dari berbagai sekolah itu mengikuti pelatihan jurnalistik yang bertema menjadi wartawan sehari.

Semuanya tampak serius dan antusias dalam pelatihan yang berlangsung satu jam tersebut. Dipandu mantan editor Jawa Pos, Eko Prasetyo, para siswa mendapat teori-teori seputar teknik wawancara.

Tidak sampai di situ, selepas pelatihan para peserta langsung mempraktikkannya di lapangan. Hari itu memang ada kegiatan Penyaluran Beasiswa Pendidikan Nasional Tahun 2014 yang diselenggarakan Yayasan Yatim Mandiri dan SMP Insan Cendekia.

Selain dihadiri Pembina SMP Insan Cendekia Nur Hidayat, pejabat lain yang diundang adalah Wakil Gubernur (Wagub) Jawa Timur (Jatim) Saifullah Yusuf atau Gus Ipul. Karena itu, dalam pembekalan jurnalistik para siswa melakukan persiapan wawancara dengan menyusun pertanyaan-pertanyaan yang akan diajukan kepada Wagub Jatim.

Seluruh peserta pelatihan dibagi menjadi 6 tim yang masing-masing diberi kesempatan bertanya kepada Gus Ipul dalam sesi konferensi pers.

"Agak deg-degan karena harus mewawancarai tokoh penting. Tapi, untungnya pelatihan jurnalistik ini sangat membantu kami dalam menyusun persiapan," tutur Andre, salah seorang siswa kelas VIII.

Yusuf dari Yayasan Yatim Mandiri mengatakan, dari pelatihan ini diharapkan para peserta mampu mengaplikasikan ilmu yang didapat. "Juga melatih kepercayaan diri mereka," tegasnya. (mar)

Penulis
Eko Prasetyo
Surabaya, editor.xxx@gmail.com

Baca juga:
SMP Juara Raih Juara Olimpiade Matematika Se-Riau
Siswi SMP Surabaya Belajar Mengenal Tanaman
100 Guru Olahraga Ikuti Pelatihan Mutu Tenaga Pendidik

Disclaimer:

Citizen6 adalah media publik untuk warga. Artikel di Citizen6 merupakan opini pribadi dan tidak boleh menyinggung SARA. Isi artikel menjadi tanggung jawab si penulisnya.

Anda juga bisa mengirimkan link postingan terbaru blog Anda atau artikel disertai foto seputar kegiatan komunitas, kesehatan, keuangan, wisata, kuliner, gaya hidup, sosial media, dan lainnya ke Citizen6@liputan6.com.

Mulai Kamis, 20 Februari 2014 sampai dengan 6 Maret 2014, Citizen6 mengadakan program menulis bertopik dengan "Pekerjaan Impian". Ada merchandise eksklusif dari Liputan6.com bagi 6 artikel terpilih. Syarat dan ketentuan bisa disimak di sini.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini