Sukses

Stop Menekan Tombol Snooze Pada Alarm!

Berhentilah menekan tombol snooze karena akan berdampak negatif pada diri Anda.

Citizen6, Jakarta Bagi Anda para pecinta tombol Snooze, yakni tombol yang menghentikan alarm dan membunyikannya lagi beberapa saat kemudian, sebaiknya hindari. Dan berhentilah melakukan itu karena akan berdampak negatif pada diri Anda.

Memang, ketika Anda sedang tidur nyenyak dan tiba-tiba alarm berbunyi dengan kencangnya, akan sangat menggoda untuk menekan tombol Snooze yang memperbolehkan Anda tidur lagi. Namun pada kenyataannya, hal tersebut justru memperburuk keadaan.

Ada dua alasan mengapa Anda masih merasa ngantuk dan lelah padahal sudah tidur cukup lama, yakni kurang tidur dan tidak teraturnya jam biologis.

Kurang Tidur

Mungkin Anda sering berpikir bahwa walaupun Anda kurang tidur pada hari kerja, Anda dapat menebusnya dengan tidur panjang pada hari libur. Tetapi, sayangnya tubuh kita tidak bekerja dengan cara itu.

Dr. Daniel Thomas, Sp.S mengatakan, "Memang sebaiknya orang dewasa tidur 8 jam setiap malam. Akan tetapi, kebanyakan dari mereka hanya tidur 6 sampai 7 jam setiap malamnya, dan berpikir dapat menebus 'hutang' ini di hari libur."

Namun hal ini justru akan membuat Anda sulit bangun di awal hari kerja yang kemudian akan berdampak ke alasan kedua, yakni tidak teraturnya jam biologis Anda karena jam tidur Anda juga tidak teratur.

Tidak Teraturnya Jam Biologis

Di dalam tubuh manusia, ada jam biologis yang akan menyiapkan diri Anda sebelum bangun. Seperti halnya ketika Anda menyalakan komputer, ia akan membutuhkan waktu untuk mempersiapkan diri agar dapat digunakan dengan benar.

"Jam Biologis juga bekerja dengan cara ini, yakni perlahan-lahan Anda akan terbangun, temperatur tubuh meningkat dan hormon yang memberikan Anda energi dirilis,” lanjut Dr. Daniel. 

Tentunya jika Anda tidak tidur dengan teratur, maka jam biologis dalam tubuh Anda tidak akan mengetahui kapan waktu sebenarnya Anda harus bangun dan bersiap-siap menyiapkan tubuh Anda. Inilah yang membuat Anda merasa letih walaupun Anda baru bangun tidur.

Hubungannya Dengan Tombol Snooze

Semua ini terkait dengan jam biologis yang telah dikatakan sebelumnya. Siklus tidur manusia adalah 'bangun-tidur-tidur yang mendalam-persiapan tubuh sebelum bangun-bangun yang sebenarnya'.

Jika Anda menekan tombol Snooze, maka Anda akan kembali ke keadaan yang disebut 'deep sleep' atau tidur nyenyak. Dalam keadaan tersebut seharusnya Anda tidak boleh terbangun.

Apabila Anda menekan tombol Snooze, maka alarm-pun berbunyi dan Anda terbangun. Hal ini akan membuat tubuh Anda kaget dan memberikan efek negatif bagi tubuh Anda, karena jam biologis dalam diri Anda bahkan belum sempat menyiapkan diri Anda untuk beraktivitas.

Lalu Apa Yang Dapat Dilakukan

Bagi Anda yang sedang berada dalam 'siklus mengerikan' ini sebaiknya Anda mulai menghindari dan berhenti menekan tombol Snooze jika alarm Anda berbunyi. Aturlah agar Anda memiliki jam tidur yang teratur. 

Untuk mengembalikan dan membiasakan jam biologis dalam tubuh Anda lagi, set alarm Anda pada waktu dimana Anda seharusnya bangun, baik pada hari kerja maupun hari libur. Jika Anda sudah melakukan ini, maka jam biologis dalam diri Anda akan terbiasa dengan ritme seperti itu dan bahkan, Anda akan dapat bangun sebelum alarm Anda berbunyi.

Penulis:
 
Claralisa Fusheriness

Disclaimer:

Citizen6 adalah media publik untuk warga. Artikel di Citizen6 merupakan opini pribadi dan tidak boleh menyinggung SARA. Isi artikel menjadi tanggung jawab si penulisnya.

Anda juga bisa mengirimkan link postingan terbaru blog Anda atau artikel disertai foto seputar kegiatan komunitas, kesehatan, keuangan, wisata, kuliner, gaya hidup, sosial media, dan lainnya ke Citizen6@liputan6.com. 

 

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini