Sukses

Nikmati Sajian Kopi Barista Terbaik Indonesia di 3 Kafe ini

Sudah tiga kali ajang Indonesia Barista Championship (IBC) diselenggarakan, yaitu pada tahun 2011, 2013, dan 2014.

Citizen6, Jakarta Sudah tiga kali ajang Indonesia Barista Championship (IBC) diselenggarakan, yaitu pada tahun 2011, 2013, dan 2014. Awalnya, kompetisi yang didaulat oleh AKSI (Asosiasi Kopi Spesial Indonesia) atau SCAI (Speciality Coffee Asociation of Indonesia) ini akan diselenggarakan sekali dalam dua tahun, namun di tahun 2014 ini ternyata IBC kembali digelar.

IBC 2014 sendiri diselenggarakan di dua kota untuk babak eliminasi, yaitu dari tanggal 25 – 27 April 2014 untuk babak eliminasi Bali dan 9 – 11 Mei 2014 untuk babak eliminasi Jakarta. Dari total 150 peserta, 24 diantaranya terpilih sebagai finalis yang babak finalnya sendiri berlangsung pada tanggal 24 Mei 2014 lalu di La Piazza Mall Kelapa Gading, Jakarta dan menghasilkan pemenang yang tiga besarnya diraih oleh Yoshua Tanu  perwakilan dari Common Grounds sebagai juara pertama, Muhammad Aga dari Tanamera Coffee ditempat ke dua, dan Anggara Rizki dari 1/15 Coffee menempati posisi ke tiga.

Bagi anda yang penasaran dan ingin menikmati sajian kopi dari barista pemenang IBC 2014, mari simak kedai-kedai kopi berikut yang menjadi rumah para barista ini:

1. Common Grounds Coffee Roastery



Common Grounds, yang juga menjadi “rumah” bagi pemenang pertama IBC 2014, Yoshua Tanu, menyuguhkan kopi dan makanan dengan konsep all-day breakfast ke dalam daftar menunya. Deretan menu kopi yang disajikan kedai yang berlokasi di City Walk Sudirman, Jakarta Pusat ini meliputi Espresso, Macchiato, Cappuccino, dan Café Latte. Selain itu anda juga bisa memilih proses manual brewing yang disediakan, salah satunya V60 dan Chemex.

Selain kopi, Common Grounds juga menyuguhkan menu makanan yang bisa dibilang unik, karena mengusung konsep all-day breakfast. Menu yang menjadi andalan dan banyak penggemarnya adalah Egg Benedict, yang terdiri dari English Muffin, Telur, Asparagus, Jamur, Kentang Goreng dan Saus Hollandaise. Selain itu, menu rekomendasi lainnya adalah Truffle  Scrambled Eggs, Breakfast Burito, dan French Toast.

Dengan desain interior yang didominasi warna putih dan bergaya vintage, Common Grounds bisa menjadi pilihan untuk memulai hari anda dengan menu sarapan dan kopinya.

Common Grounds Coffee Roastery

City Walk Sudirman GF

Jl. K.H. Mansyur No. 121

Jakarta Pusat 10230

 

2. Tanamera Coffee & Roastery



Tanamera Coffee pertama kali di buka di akhir tahun 2013. Menyajikan berbagai kopi dari berbagai belahan Indonesia yang diantaranya adalah Sumatera Gayo, Papua Wamena, dan Flores Manggarai. Selain itu, kedai kopi yang berlokasi di Thamrin City Office Park Blok AA 007, Jakarta Pusat ini juga menyajikan berbagai macam menu roti dan kue.

Kopi-kopi yang disuguhkan selain single origin yang di proses secara manual, Tanamera Coffee juga menyajikan berbagai menu lainnya, seperti Espresso, Café Latte, dan Green Tea Latte. Untuk menu kudapannya, Banana Caramel Cake adalah satu dari beberapa menu kue yang menjadi primadona di Tanamera Coffee di samping Ham Quiche, Bakewell Slice, dan The Chocolate Coffee.


Walaupun tempat yang disediakan tidak begitu besar, hanya sekitar 20 kursi, namun Tanamera Coffee menyuguhkan suasana yang hangat dan menenangkan seperti kopinya. Tidak alasan lagi bukan untuk tidak mengunjungi kedai kopi dimana pemenang ke dua IBC 2014, Muhammad Aga, menyajikan kopinya?


Tanamera Coffee & Roastery

Thamrin City Office Park AA07

Jakarta Pusat

021 – 2962 5599


3. 1/15 Coffee



Dalam dua perhelatan Indonesia Barista Championship terakhir (2013 dan 2014), perwakilan dari 1/15 (One Fifteenth) Coffee selalu berhasil menempati posisi 3 besar. Setelah sebelumnya Doddy Samsara yang menjadi juara pertama di tahun 2013, kali ini Anggara Rizky berhasil menempati posisi ke-3 di IBC 2014.

 1/15 Coffee sendiri berlokasi di Jl. Gandaria I no. 63, Jakarta Selatan, dengan ruang yang cukup luas dan desain interior bergaya minimalis dengan elemen kayu pada meja dan kursinya. Yang berbeda dari kedai kopi ini dari pada umumnya adalah pencahayaannya yang menggunakan cahaya alami dari jedela-jendelanya yang besar, sangat bertolak belakang sekali dari kebanyakan kedai kopi yang biasanya menggunakan pencahayaan lampu kekuningan dan cenderung temaram.

Kopi yang disajikanpun cukup beragam, dari yang berasal dari Indonesia  seperti Bali Inten Dewata, Sumatera Dolok Sanggul, dan Sunda Gulali, ada  pula yang berasal dari San Francisco, Amerika dan Ethiopia. Selain itu, 1/15 Coffee juga menawarkan proses kopi secara manual, dintaranya  V60, Chemex, AeroPress, dan Cold Drip.


Nah, itulah 3 tempat dimana ke tiga pemenang dari ajang Indonesia Barista Championship 2014 menyuguhkan sajian terbaik setiap harinya. Menyeruput secangkir kopi hangat dari barista-barista terbaik Indonesia, akan menjadi sebuah pengalaman yang baru dan menyenangkan bukan?

 Penulis:

Muhammad Fikri Arifin


Disclaimer:

Citizen6 adalah media publik untuk warga. Artikel di Citizen6 merupakan opini pribadi dan tidak boleh menyinggung SARA. Isi artikel menjadi tanggung jawab si penulisnya.

Anda juga bisa mengirimkan link postingan terbaru blog Anda atau artikel disertai foto seputar kegiatan komunitas, kesehatan, keuangan, wisata, kuliner, gaya hidup, sosial media, dan lainnya ke Citizen6@liputan6.com 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.