Sukses

5 Hal Unik Tentang "Hot Yoga"

Bikram Yoga adalah salah satu jenis yoga yang diberi nama sesuai dengan penciptanya, Bikram Choudhury.

Citizen6, Jakarta Bikram Yoga atau hot yoga telah ada di kota-kota besar di Indonesia, sejak 10 tahun yang lalu. Namun, karena peminatnya belum sebanyak jenis-jenis olahraga lain yang popular di Indonesia, masih banyak orang yang kurang paham mengenai jenis yoga yang satu ini.

1.    Asal
Bikram Yoga adalah salah satu jenis yoga yang diberi nama sesuai dengan penciptanya, Bikram Choudhury. Bikram adalah seorang warga India yang berprofesi sebagai guru yoga. Tahun 1971, dia berkesempatan membawa hasil patennya ke Amerika Serikat. Asanas (gerakan) Bikram yoga diambil dari hatha yoga, namun Bikram mematenkan urutan 26 gerakan dan 2 gerakan pernafasan. Bikram Yoga adalah sebuah jenis latihan yang unik yang bisa dilakukan oleh segala usia dan telah terbukti bisa membakar hingga 750 kalori per sesi latihan.

2.    Lokasi dan durasi latihan, serta gerakan
Latihan Bikram Yoga dilakukan di dalam ruangan yang telah dipanaskan, bersuhu 42°-46°C, selama 90 menit yang dipandu oleh guru yang telah memiliki sertifikat resmi untuk mengajar.  Pertama, kelas akan diawali dengan Pranayama Breathing, lalu dimulai dengan standing series posture, back strengthening posture, compressing, stretching, dan diakhiri dengan Kapalabhati breathing.

3.    Ruangan Panas
“Panas membantu kita untuk melakukan postur secara lebih mandalam, juga meminimalkan otot terkilir sehingga mengurangi risiko cedera, mendorong tubuh melakukan pembersihan dan detoksifikasi, serta membentuk stamina dan ketangguhan.” ujar Ricca Fransisca, pemilik dan guru di Bikram Yoga Kuningan seperti yang dituturkan pada media

4.    Manfaat berlatih Bikram Yoga
Dengan latihan rutin 2-3 kali dalam seminggu, anda akan merasakan banyak manfaat bagi jiwa dan tubuh anda. Untuk jangka pendek, tidur anda akan menjadi lebih nyaman dan kulit anda terlihat lebih cerah. Untuk jangka panjang, Bikram Yoga bisa membantu untuk: meningkatkan fleksibilitas dan fokus, memperkuat system imun, mengurangi lemak tubuh, dan detoksifikasi.

5.    Sebelum dan Ketika Latihan

Sebelum latihan
•    Kunjungi beberapa studio Bikram di daerah sekitar anda untuk mencari tahu segala sesuatu yang anda ingin tahu seputar Bikram Yoga, juga berkeliling melihat-lihat suasana studio. Jangan lupa tanyakan mengenai free trial, sehingga anda bisa mencoba gratis terlebih dulu sebelum memutuskan apa anda cocok dan akan lanjut untuk latihan Bikram Yoga.
•    Siapkan outfit yang nyaman untuk dipakai saat latihan. less is better! Bra olahraga dan celana pendek dryfit adalah kombinasi yang tepat. Kuncinya adalah jangan mengenakan pakaian yang menjadi berat karena anda banyak berkeringat.
•    Jangan makan 2 sampai 3 jam jelang kelas dan minum air lebih banyak sepanjang hari.

Ketika latihan
•    Datang 15-20 menit sebelum kelas dimulai supaya anda punya cukup waktu untuk siap-siap. Kebanyakan guru Bikram Yoga tidak mengizinkan siswa untuk ikut latihan, meskipun hanya terlambat beberapa menit pertama. Menit-menit ini sangat penting karena itu adalah waktu untuk latihan pernafasan, yang menjadi warm-up.
•    Membawa yoga mat, towel, dan botol minum. Beberapa studio yoga memberi opsi untuk penyewaan yoga mat dan towel. Hanya minum dan lap keringat ketika diizinkan oleh guru.
•    Tetap berada di dalam ruangan selama 90 menit. Jika tidak kuat atau pusing, cukup berbaring di atas mat sambil terus bernafas melalui hidung.
•    Bergeraklah semampu anda, jangan dipaksakan. Nikmati prosesnya, perlahan tapi pasti anda bisa menjadi lebih fleksibel dan mencapai apa yang anda inginkan.


Pengirim:

Yulian
Self-confessed sports lovers, bikram yoga student, a foodie
Public Relations Student Batch 16
The London School of Public Relations-Jakarta


Disclaimer:

Citizen6 adalah media publik untuk warga. Artikel di Citizen6 merupakan opini pribadi dan tidak boleh menyinggung SARA. Isi artikel menjadi tanggung jawab si penulisnya.

Anda juga bisa mengirimkan link postingan terbaru blog Anda atau artikel disertai foto seputar kegiatan komunitas, kesehatan, keuangan, wisata, kuliner, gaya hidup, sosial media, dan lainnya ke Citizen6@liputan6.com.  

Mulai 1 Juli sampai dengan 13 Juli Citizen6 mengadakan program menulis bertopik ke-15: Tempat Asyik Buat Ngabuburit berhadiah router dan merchandise cantik. Info detail di sini

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini