Sukses

Hari Pelanggan Nasional, Seberapa Puas Konsumen?

Melayani pelanggan sudah menjadi kewajiban di banyak perusahaan. Namun, memahami pelanggan bukanlah pekerjaan semusim.

Citizen6, Jakarta Bill Gates pernah mengatakan, pelanggan yang paling tidak bahagia adalah sumber terbesar bagi Anda untuk belajar. Oleh karena, baiknya setiap complain atau keluhan dari pelanggan bisa menjadi pemacu agar perusahaan bisa memberikan pelayanan lebih baik lagi ke depannya.

11 tahun yang lalu tepatnya tahun 2003, seorang pengusaha Indonesia, Handi Irawan, mencetuskan Hari Pelanggan Nasional. Gagasannya ini diresmikan oleh Presiden RI ke 5, sehingga sampai sekarang setiap tanggal 4 September diperingati sebagai Hari Pelanggan Nasional.

Berbagai perusahaan pun ikut meraimakan Hari Pelanggan Nasional yang jatuh tepat pada hari ini, seperti PT Sumber Alfaria Trijaya (Alfamart). Alfamart kembali mengadakan program sosial bedah warung rumahan yang ada di 13 kota di Indonesia, mulai dari Pekanbaru, Jambi, Lampung, Bogor, Sukabumi, Jakarta, Kerawang, Bandung, Plumbon, Solo, Bangkalan, Lombok hingga Makassar. Program bedah warung kali ini bertujuan untuk memberikan pengetahuan kepada pemilik warung tentang pentingnya kerapihan toko dan pelayanan pelanggan. 

Perayaan lainnya datang dari PT Yamaha Indonesia Motor Manufacturing. Yamaha turun ke jalan untuk menyampaikan terima kasih dan membagikan flayer kepada pengendara motor Yamaha, yang dapat ditukarkan di dealer dengan voucher BBM.

BRI juga turut menggelar perayaan Hari Pelanggan Nasional di beberapa kantor cabangnya. Khusus hari ini saja, BRI akan memberikan bingkisan berupa souvenir bagi nasabah yang mengajukan rekening baru di bank tersebut.

Mengutip dari situs haripelanggan.com, dengan adanya Hari Pelanggan Nasional ini diharapkan dapat menjadi momen yang tepat untuk memompa semangat perusahaan dalam memuaskan pelanggan.

Sebagai konsumen, sudah seberapa  puaskah Anda?

Penulis: Ike Nurjanah
Facebook    : Ikee Nurjanah
Twitter     : @ikeeikukk

Disclaimer:

Citizen6 adalah media publik untuk warga. Artikel di Citizen6 merupakan opini pribadi dan tidak boleh menyinggung SARA. Isi artikel menjadi tanggung jawab si penulisnya.

Anda juga bisa mengirimkan artikel, foto atau video seputar kegiatan komunitas, kesehatan, keuangan, wisata, kuliner, gaya hidup, sosial media, dan lainnya ke Citizen6@liputan6.com
 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini