Sukses

9 Cara Menciptakan Momen Bahagia

Bahagia itu sederhana, dan tak perlu menunggu nanti, entah kapan

Citizen6, Jakarta Bahagia itu sederhana. Bahagia itu tak perlu menunggu ketika target tercapai atau ketika berasil memperoleh sesuatu. Namun bahagia besar bisa berasal dari kebahagiaan-kebahagiaan kecil yang terjadi setiap hari, setiap momen yang kadang kurang kita perhatikan.

Dan bahagia  itu bisa kita ciptakan. Caranya,untuk mencapai bahagia, ciptakan momen-momen menyenangkan yang (kalau bisa tak terlupakan). Bisa dengan melakukan hal-hal sederhana, namun  serius, fokus dan tulus.  Momen-moment sederhana yang bisa membuat seseorang lebih bahagia adalah:

1. Bangun lebih awal tanpa tergantung menggunakan alarm.

Sebenarnya tubuh kita bisa diajak bicara. Kita bisa merencanakan bangun pagi tanpa memerlukan bantuan alarm yang kita seting pada jam tertentu. Namun kita bisa memerintahkan pada diri sendiri dengan niat ingin bangun jam sekian. Setelah bangun pergilah keluar rumah untuk mencari udara yang lebih fresh, pandanglah langit yang dan bernafaslah panjang-panjang selama beberapa menit.

2. Berpegangan tangan ataupasangan bersandar pada bahu

Bagi yang suda punya pasangan, tentu menyenangkan bisa selalu berdua. Cara ampuh untuk menciptakan momen yang membahagiakan adalah selalu berpegangan tangan dengan pasangan ketika bertemu. Konon, berpegangan tangan bisa memberikan efek yang positif yakni saling mempercayai lebih dalam. Bagi yang single, harus bersabar sampai bertemu dengan pasangan idaman.

3. Ciptakan "dunia lain".

Sibuk bekerja, ciptakan “dunia lain” yang mungkin tidak ada hubungan dengan pekerjaan. Misalnya kamu bekerja di sebuah bank, bisa bergabung dengan komunitas marvel atau indonesia berkebun, akademi berbagi atau yang lain sesuai dengan ketertarikan tema yang diinginkan, membangun online shop misalnya.

4. Sempatkan minum teh di sore hari dan baca buku

Tak ada yang tak punya waktu luang. Ini hanyalah soal manajemen. Sempatkan sesekali minum tea atau kopi di sore hari.  Sendiri saja. Nikmati momen itu dengan khusyuk. Aktivitas minum the ini bisa sekaligus momen untuk membaca buku-buku-buku tips atau cerita-cerita ringan yang menginspirasi.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

2

5.  Makan yang istimewa sekali-sekali

Anggap saja makan ini adalah ritual yang istimewa, sehingga kamu harus mempersiapkan diri baik-baik. Makanlah dengan pelan dan fokus, jangan berpikir hal-hal lain selain objek menu yang ada di depanmu. Sebaiknya jangan sibuk memotret, memposting ke instagram dan berchit-chat dengan teman di social media. Apa yang akan adan rasakan?

6. Menelepon berlama-lama sama teman

Aktivitas ini adalah salah satu momen menyenangkan yang mesti diagendakan. Meski selalu terkoneksi via social media, menelepon, berbicara langsung akan memberikan efek yang berbeda. Ngobrol dengan teman, curhat dan sekali-sekali bergosip atau ngobrol berlama-lama mungkin dianggap tak ada gunanya, namun secara tidak langsung selain akan menambah keakraban juga akan merasa excite-de karena melakukan sesuatu yang baru.

7. Pulang larut dan langsung tidur

Kebiasaan buruk ini sekali-sekali boleh dilakukan. Ketika pulang larut malam, tanpa beres-beres diri langsung tidur karena mata sudah tak bisa kompromi lagi. Biasanya aktivitas ini biasa dilakukan ketika weekend karena bisa bangun lebih siang.

8. Jangan galau

Hidup memang banyak pilihan, dan hanya kita sendiri yang mengetahui pilihan terbaik buat kita yang mana. Namun sebaiknya sebelum memutuskan sesuatu harus mempertimbangkan efek dan impaknya. Jangan galau dan mengeluhkannya di linimasa, karena tiap orang diam-diam juga punya masalahnya masing-masing. Belajar mandiri mandiri, tidak tergantung pada orang lain adalah salah satu cara untuk bahagia.

9. Dan yang paling penting adalah menyadari bahwa semua akan berjalan baik-baik saja. Karena ketakutan dan kekhawatiran itu hanya ada di dalam kepala, jarang menjadi kenyataan.
 

**Ingin berbagi informasi dari dan untuk kita di Citizen6? Caranya bisa dibaca di sini

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini