Sukses

Umbul Ponggok, Sensasi Baru Bagi Penyelam Pemula

Umbul Ponggok merupakan sebuah kolam yang hanya berbentuk segi empat dengan air yang murni dari sumber air.

Citizen6, Jakarta Libur akhir pekan sebentar lagi, apakah Anda sudah mendapatkan tempat baru untuk berwisata? Jika belum, Anda harus mencoba satu objek wisata yang keren ini. Tempatnya mungkin tidak akan seindah pantai di Raja Ampat, namun Anda akan diberikan pengalaman yang menarik disini.

Umbul Ponggok merupakan sebuah kolam yang hanya berbentuk segi empat dengan air yang murni dari sumber air. Tempat ini berada di desa Ponggok yang berada di Kecamatan Polan Harjo, Klaten, Jawa Tengah. Hanya membutuhkan waktu 2.5 jam dari Semarang. Tenang saja, pemandangan yang disuguhkan selama perjalanan tidak akan mengecewakan.

Tempat ini tidak menawarkan pemandangan yang indah diluar, namun didalamnya. Ya benar, dengan cara menyelam atau berenang Anda akan mengerti keindahan kolam ini. Di dalam kolam terdapat beberapa jenis ikan dengan nuansa seperti lautan yang indah. Kedalaman kolam ini juga beragam dari 1 meter - 2.5 meter, semakin Anda berenang ke tengah semakin dalam kolam ini.

Pada dasar kolam ini juga terdapat pasir seperti di laut dan beberapa bebatuan layaknya karang. Tidak bisa berenang? Tenang saja, disini disediakan beberapa ban dalam air sehingga Anda tetap dapat menikmati pemandangan yang indah.

Berlibur pasti akan memerlukan budget yang banyak, namun tidak usah khawatir jika Anda berkunjung ke Umbul Ponggok cukup merogoh kocek sebesar 4 ribu Anda sudah dapat menikmati kolam ini sepuasnya. Anda membutuhkan alat snorkling? Tenang semuanya tersedia disini, mulai dari kaki katak, ban, pelampung hingga perlatan snorkling tentunya dengan harga yang sangat murah yaitu 5 ribu - 10 ribu.

Melihat keindahan bawah air nampaknya sangat menyesal apabila tidak mengabadikan momen tersebut. Sayangnya, tidak semua kamera memiliki sistem underwater dan hal yang paling menakjubkan adalah pihak pengelola menyewakan kamera bawah air sehingga Anda tetap akan eksis dibawah air dengan hasil foto yang keren.

Umbul Ponggok merupakan objek wisata yang dikelola oleh masyarakat setempat. Oleh karena itu, masih kurang dimengerti oleh para travellers. Tempat ini wajib Anda kunjungi ketika liburan, namun jangan lupa untuk tetap menjaga warisan alam yang sangat indah tersebut. (ule)

Penulis:

Muhammad Kholis Nuha
(Mahasiswa Universitas Diponegoro)

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini