Sukses

Kenalkan, Prabu si Super Hero dari Bandung

Prabu atau Pahlawan Urang Bandung ini merupakan relawan yang akan menegakan Peraturan Daerah di Bandung.

Citizen6, Jakarta Ada pemandangan berbeda yang terlihat di kawasan Kota Bandung, apakah itu?

Ya, sejak beberapa waktu lalu Bandung menjadi sorotan masyarakat setempat hingga masyarakat di luar daerah. Setelah memberlakukan Gerakan Pungut Sampah (GPS) yang digagas oleh Ridwan Kamil selaku Wali Kota Bandung kini Kang Emil sapaan akrabnya meluncurkan sebuah tokoh bernama Prabu.

Mungkin adapula masyarakat yang belum mengetahui sosok satu ini. Siapakan Prabu? Prabu atau Pahlawan Urang Bandung ini merupakan relawan yang akan menegakan Peraturan Daerah (Perda) K3 di kawasan Bandung.

Dalam hal ini Prabu mengemban tugas untuk mengingatkan warganya agar menjaga kebersihan lingkungan dengan tidak membuang sampah sembarangan.

Di Bandung Anda bisa menemukan ribuan sosok Prabu yang asalnya dari warga terpilih per-RT maupun para pelajar yang ada di Bandung. Para super hero itu nantinya akan menjadi agen-agen yang tersebar di lapangan.

Tugas Prabu pun hanya melaporkan dengan memeriksa dan memotret KTP jika ada warga yang membuang sampah sembarangan. Prabu tidak memiliki kewenangan untuk memberlakukan tindakan administrasi berupa denda karena sanksi denda hanya bisa dilakukan oleh petugas Satpol PP.

 

 

Bahkan Prabu banyak melaporkan tugas di lapangannya dengan memposting ciapan atau mengupload foto di akun Twitter pribadinya. Terlihat dalam akun bernama @hero_bandung Prabu menuliskan biodata yang menyatakan bahwa "cintai bandung dengan aksi,jaga ketertiban, kebersihan & keindahan, be a hero #K3".

Prabu pun sudah memiliki banyak penggemar, terlihat dalam akun @hero_bandung dirinya kini sudah memiliki sekitar seribu lebih followers. Yuk, dukung aksi super hero dari Bandung ini dengan tidak membuang sampah sembarangan.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini