Sukses

9 Langkah Move On dari Cinta Tak Terbalas

Ini tips untuk kamu yang harus move on dari cinta tak terbalas

Liputan6.com, Jakarta Mencintai seseorang yang tidak mencintai Anda kembali adalah salah satu perasaan yang paling menyakitkan di dunia, karena hal itu bukanlah sesuatu yang dapat Anda kontrol. Hal inilah mengapa Anda perlu untuk memulai proses penyembuhan. Hal itu bukan kesalahan Anda, tidak ada yang bisa dilakukan, dan satu-satunya yang tersisa untuk dilakukan adalah dengan moving on.

  1. Berikan Diri Anda Ruang

Biarkan diri Anda berduka. Ketika Anda mencintai seseorang yang tidak mencintai Andai, hal itu memang menyakitkan. Maka, untuk dapat melepaskan mereka, Anda akan harus membiarkan diri Anda berduka atas rasa sakit itu. Tidak ada yang salah dengan harus berduka selama Anda tidak terjebak di sana. Bahkan, membiarkan diri Anda bersedih lebih sehat daripada mencoba dan menekan emosi.

Jika Anda bisa, ambil sedikit waktu untuk keluar dari keseharian Anda untuk memproses kesedihan. Hal ini akan membantu menciptakan ruang penyembuhan bagi Anda dalam mengatasi kesedihan tersebut. Sebagai contoh: ketika Anda menyadari bahwa orang ini tidak akan mencintai Anda kembali, maka Anda harus menyediakan waktu untuk menyendiri di suatu tempat, bahkan jika itu hanya akan sekadar 15 menit berjalan kaki di sekitar rumah.

Hindari berkubang dalam keputusasaan. Jika Anda tidak meninggalkan rumah Anda dalam beberapa minggu, Anda tidak mandi, dan Anda mengenakan kaus usang yang seharusnya sudah menjadi lap, Anda terlalu berlebihan. Wajar untuk merasa sedih, tetapi jika Anda tidak mencoba mendapatkan fokus pada kehidupan Anda kembali, Anda akan terus memikirkan dan mencintai orang lain tersebut.

  1. Hindari orang tersebut untuk beberapa saat

Bagian dari upaya menciptakan ruang bagi diri Anda untuk berduka dan move on, adalah dengan tidak memiliki orang ini sebagai bagian dari hidup Anda. Anda tidak perlu menghapusnya dari kehidupan Anda, tetapi Anda perlu mengambil waktu untuk menghindar darinya selama beberapa saat.

Jika orang yang Anda cintai adalah seseorang yang Anda sangat bergantung padanya di masa lalu dalam dukungan emosional, carilah teman berbeda untuk membantu mengisi peran itu

De-friend mereka di media sosial, atau setidaknya sembunyikan pos mereka, hapus kontaknya dari ponsel Anda sehingga Anda tidak tergoda untuk kembali menghubunginya. Anda tidak ingin terus-menerus diingatkan tentang mereka dan segala sesuatu yang mereka lakukan. Hal ini hanya akan mempersulit untuk menjaga jarak

  1. Sadarilah Anda lebih baik tanpanya

Tidak peduli seberapa baik orang tersebut, Anda akan lebih baik tanpa mencintai seseorang yang tidak mencintaimu kembali. Selanjutnya, jatuh cinta dengan seseorang bisa membuat Anda buta terhadap kekurangan mereka. Berhenti mencintai mereka berarti melihat alasan mengapa hubungan antara Anda dan dirinya mungkin tidak berhasil.

Buatlah daftar kekurangan mereka. Pasti ada hal-hal yang menjengkelkan dalam diri semua orang, dan bahkan pada orang yang Anda cintai. Apakah dia norak? Apakah dia seorang Player? Apakah selera humornya mengerikan? Jika Anda mengalami kesulitan menyusun daftar, minta bantuan teman yang Anda percaya.

  1. Jangan Menyalahkan Mereka

Sama seperti Anda yang tidak memiliki kontrol atas Anda yang jatuh cinta padanya, mereka juga tidak memiliki kontrol atas perasaannya yang tidak jatuh cinta pada Anda. Jika Anda menyalahkan mereka karena Anda di Friendzone oleh mereka, atau mengatakan mereka jahat karena tidak mencintai Anda kembali, maka Anda hanya akan membuat diri Anda terlihat menyedihkan

Lebih penting lagi, jangan menulis bahwa mereka memiliki selera yang buruk dalam memilih pasangan di media sosial. Jika hal tersebut adalah bagaimana Anda menangani situasi seperti ini, maka mereka mungkin ada benarnya dengan tidak mencintai Anda.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

2

  1. Singkirkan kenang-kenangan

Mungkin memang sulit dan bisa saja Anda dapat bersedih, tapi itu merupakan langkah penting dalam proses penyembuhan. Memiliki kenang-kenangan tersebut di sekitar kita hanya akan mempersulit proses penyembuhan Anda dan bukan itu yang Anda harapkan! Anda tidak perlu membakar kenang-kenangan tersebut dan Anda harus menghindari mengirim kenang-kenangan itu kembali kepada seseorang yang tidak mencintai Anda.

  1. Hindari pemicu memori

Sulit untuk menyembuhkan diri dari cinta yang tak terbalas jika Anda terus-menerus mengingatkan diri sendiri tentang orang itu. Hindari mencari lagu yang mengingatkan Anda tentang orang tersebut, atau waktu yang indah Anda lalui bersama, dan berhenti mengasosiasikan hujan dengan memori Anda bersamanya.

Jika Anda tanpa terduga bertemu pemicu tersebut, lebih baik untuk mengakui momen tersebut dan move on darinya. Anda tidak harus menghindari pemicu ini selamanya. Anda hanya ingin membuat penyembuhan diri Anda semudah mungkin dan pengingatkonstan akan mempersulit proses ini. Ketika Anda sudah berhasil move on, pemicu memori tersebut mungkin masih akan mengingatkan Anda pada orang tersebut, tetapi akan tidak terlalu menyakitkan.

  1. Membicarakannya dengan seseorang

Hal yang bagus untuk dapat mengeluarkan aspek emosional dan kesulitan dari proses penyembuhan ini dari dada Anda. Cari seseorang untuk diajak bicara tentang apa yang Anda rasakan dan apa yang Anda alami. Pastikan bahwa itu seseorang itu adalah orang yang Anda percaya. Bisa teman Anda atau bisa juga anggota keluarga yang memungkinkan Anda menghubungi mereka ketika Anda sedang gundah. Bahkan bisa juga seorang terapis. Anda juga dapat membuat jurnal tentang perasaan Anda jika Anda merasa tidak ingin membicarakannya dengan orang lain. Dengan jurnal, Anda dapat melacak proses penyembuhan Anda, yang akan memberikan bukti bahwa Anda dapat move on dari cinta yang tak terbalas.

  1. Alihkan diri Anda

Setiap kali kenangan itu meluap, alihkan perhatian Anda dengan pemikiran yang lain, aktivitas, atau proyek. Menonton film komedi. Temukan sesuatu yang melibatkan Anda cukup lama untuk bisa menyingkirkan orang dari pikiran Anda untuk sementara waktu. Hindari untuk mencoba memaksa diri untuk tidak berpikir tentang mereka, karena hal itu hanya akan mengubah fokus Anda dan justru lebih sering memikirkan mereka. Sebaliknya, ketika Anda menemukan diri Anda berpikir tentang mereka, alihkan perhatian Anda padahal lain.

  1. Jangan menyabotase penyembuhan Anda sendiri

Ada hal-hal yang harus dihentikan untuk dikatakan kepada diri sendiri. Pola-pola pemikiran tersebut dapat menyabotase proses penyembuhan Anda dan membuatnya jauh lebih sulit untuk move on dari cinta Anda. Berhenti mengatakan: Aku tidak bisa hidup tanpanya; Aku tidak bisa berhenti mencintainya; Aku menyukai orang ini lebih dari yang lain; Aku tidak bisa mencintai orang lain; Tidak ada yang lebih baik daripada orang ini; Dialah yang sempurna.

Ingatkan diri Anda bahwa orang-orang dan situasi berubah. Apa yang Anda rasakan sekarang bukanlah apa yang akan Anda rasakan selama sisa hidup Anda. Melupakan seseorang yang Anda cintai memang tidak mudah. Setiap kemajuan yang Anda buat dalam melupakan mereka harus dirayakan. Anda juga harus ingat bahwa hanya karena orang ini tidak mencintai Anda kembali, bukan berarti tidak ada orang yang akan mencintai Anda.

 

Pengirim: Larissa Asoka Tunggadhewi

Mahasiswa Ilmu Komunikasi FISIP Universitas Diponegoro, Semarang

**Ingin berbagi informasi dari dan untuk kita di Citizen6?. Caranya bisa dibaca di sini

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini