Sukses

7 Kursus Online yang Bisa Membantu Karir Cemerlang

Belajar, sebuah proses tanpa henti, dan pekerjaan kita semestinya tidak menghambat kita dalam mendapatkan pengetahuan dan keahlian baru

Citizen6, Jakarta Belajar adalah sebuah proses tanpa henti, dan pekerjaan kita semestinya tidak menghambat kita dalam mendapatkan pengetahuan dan keahlian baru. Mengambil kuliah S2 memang bagus, tapi agak sulit dilakukan karena biasanya kita akan bentrok dalam soal jadwal dan keuangan. Kantor tempatmu bekerja juga biasanya enggan memberi izin kuliah atau kursus.

Syukurlah kini ada begitu banyak kursus online yang bisa kamu ambil — dengan gratis! Seperti kursus sungguhan, ada beragam topik yang bisa disediakan kursus online. Ada pula forum, ujian, bahkan pekerjaan rumah yang menjadi syarat kelulusan. Kursus-kursus ini pun banyak yang diselenggarakan oleh universitas ternama seperti Massachusetts Institute of Technology, Yale University, Tokyo Univesity, bahkan Harvard!

Kamu bisa mempelajari topik yang kamu mau dari berbagai bidang studi, dengan waktu dan tempo yang kamu tentukan sendiri. Kamu bahkan terkadang bisa memilih topik atau kelas khusus yang sesuai dengan karirmu saat ini. Tapi ingat, tidak semua kursus online memberikan akreditasi; biasanya yang memberi akreditasi adalah kursus online berbayar. Beberapa topik juga tempatnya terbatas, atau hanya tersedia di periode tertentu.

Ini dia tujuh kursus online yang amat berguna bagi karir kamu!

1. Cara membangun startup
Penyedia: Udacity (https://www.udacity.com)
Tertarik mendirikan perusahaanmu sendiri? Kursus ini akan mengajari kamu tentang merancang model bisnis, serta melaksakannya. Kamu akan mendapatkan keahlian bisnis yang kamu perlukan dalam membangun startup dari nol, juga keahlian marketing guna memasarkan produk yang kamu jual.

2. Analisis Terhadap Tren Bisnis Global dan Masyarakat
Penyedia: Coursera (https://www.coursera.org)
Kursus ini membahas tren pasar global yang kerap berubah dan dampaknya terhadap pasar, bisnis, dan masyarakat. Analisis bisnis adalah keahlian penting bagi perusahaan global, atau startup yang berskala global.

3. Tes Software: Cara Memastikan Software Berjalan
Penyedia: Udacity
Mencari bug dan kelemahan software adalah keahlian penting jika kamu seorang developer progam. Kamu bakal memahami apa yang dibutuhkan untuk memastikan kode, program, software dan hasil final akan berjalan tanpa masalah. Programmer akan belajar menulis kode lebih baik lagi, dan menemukan bug sebelum beranjak ke tahap akhir.

4. Dasar-dasar Pendidikan Jarak Jauh
Penyedia: Coursera
Guru tidak harus selalu berada di dalam ruang kelas. Kursus ini bakal membantu guru-guru dengan dasar-dasar pendidikan jarak jauh dan alat bantunya — termasuk ujian untuk mengetahui tingkat pemahaman murid terkait pelajaran jarak jauh.

5. Pengenalan Desain Game
Penyedia: edX (https://www.edx.org/)
Ini adalah kursus pengenalan dasar-dasar desain game, yang dirancang khusus bagi para prorammer yang ingin membuat game mereka sendiri. Kegiatan dan latihan di kursus online ini antara lain membuat prototipe game kertas dan digital, proses interasi desain game, dan uji coba permainan. Dibutuhkan kemampuan bahasa pemrograman jika kamu ingin mengambil kursus ini.

6. Pemecahan Masalah Secara Kreatif
Penyedia: Coursera
Setiap hari, kita memecahkan masalah. Tetapi kursus ini berfokus pada pemikiran berbeda (divergen): kemampuan untuk membangun beberapa gagasan dan konsep sekaligus untuk memecahkan masalah. Dengan memecahkan masalah secara kreatif, kita melampaui batas yang ada di diri sendiri serta masyarakat. Ini adalah keahlian penting dan bernilai untuk mereka yang ingin maju di tengah masyarakat global — atau sekadar tempat kerja.

7. Bahasa Inggris Bisnis di Asia
Penyedia: edX
Bahasa Inggris digunakan di seluruh dunia, terutama di kalangan pebisnis. Kursus ini mengajarkan beragam kosa kata dan ungkapan yang biasa dipakai di dunia bisnis di Asia untuk membantu pengusaha/entrepreneur menyampaikan laporan informatif dan menarik, berdiskusi, dan presentasi yang relevan di bisnis Asia.

Dalam memilih sebuah kursus, pastikan bahwa topik yang diambil memang sejalan dengan kompetensi utama kamu agar peluang kamu terbuka lebih lebar di bidang kerja yang sekarang. Ada banyak cara untuk melanjutkan pendidikan. Untuk meringankan biaya, kamu bisa ambil KTA dan tidak perlu berhenti kerja, atau menghabiskan uang untuk mengambil kuliah S2. Kalau kamu memang ingin mengembangkan kemampuan dan bakat kamu, ambil saja kursus online dan pelajari keahlian baru agar karir makin cemerlang!

Pengirim:

Arinsa Garnetta

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini