Sukses

Astaga, Suku di Gorontalo Ini Budayakan Kawin Sedarah

Salah satu suku di Indonesia ini ternyata masih membudayakan perkawinan sedarah dalam kehidupan mereka. Suku apa?

Citizen6, Jakarta Suku Polahi yang tinggal di pedalaman Gorontalo ini membudayakan kawin dengan saudara sedarah kandung. Kebiasaan ini turun temurun hingga sekarang. Adalah hal yang biasa di lingkungan Suku Polahi seorang ayah menikahi putri kandung, anak laki-laki menikahi ibunya, anak perempuan menikah dengan adik kandung laki-laki. Dan hal semacam itu tidak ada yang menentang di suku tersebut.

Asal Usul Suku Polahi

Berdasarkan fakta sejarah, Suku Polahi merupakan sekelompok warga Gorontalo yang melarikan diri ke hutan pada masa penjajahan dulu. Sebab itu mereka disebut “Polahi” yang artinya “pelarian”. Suku Polahi amat terbelakang dan terpencil. Jumlah orang Suku Polahi kurang lebih 500 jiwa.

Departemen Sosial Kabupaten Gorontalo mengidetifikasi mereka dengan Kelompok 9, Kelompok 18, Kelompok 21, Kelompok 70, dan sebagainya, berdasarkan jumlah anggota kelompok dalam satu “kampung”. Suku Polahi tidak mengenal agama dan pendidikan.

Dalam kebudayaan mereka tidak mengenal hitung-menghitung dan tidak mengenal hari. Angka terbanyak yang dapat mereka hitung adalah 4, selebihnya “banyak”. Mereka cenderung tidak mau bersosialisasi dengan warga Gorontalo lainnya. Meski beberpa warga dari suku ini sudah membangun rumah untuk tempat tinggal, jika dalam keluarga ada salah satu yang meninggal mereka akan berpindah rumah.

Salah satu tradisi yang mereka pertahankan hingga masa kini adalah kebiasaan kawin sedarah kandung. Keterisolasian dan ketidaktahuan mereka tentang etika sosial dan agama membuat mereka tidak mengetahui bahwa Inses diarang, dan justru melestarikannya.

Ingin tahu cerita selengkapnya? Baca langsung di sini

Pengirim:

Ari Tunsa

**Ingin berbagi informasi dari dan untuk kita di Citizen6? Caranya bisa dibaca di sini

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.