Sukses

7 Manfaat Bernyanyi untuk Kesehatan

Ini dia manfaat bernyanyi untuk kesehatan baik psikologis ataupun biologis

Citizen6, Jakarta Bernyanyi dipercaya bisa mengurangi stress dan mempengaruhi suasana hati anda. Selain itu ternyata ada beberapa manfaat untuk kondisi fisik dan psikologis dari bernyanyi. Berikut ini beberapa manfaat dari bernyanyi :

1. Memicu hormon endorfin dan oksitosin

Hormon endorfin adalah hormon yang mampu menimbulkan perasaan kesenangan dan euforia. Sedangkan oksitosin atau hormon cinta bisa meningkatkan rasa nyaman dan empati pada pasangan. Dengan bernyanyi, hormon ini terpicu sehingga mampu mengurangi rasa stress dan cemas anda.

2. Perbaiki paru-paru dan postur tubuh

Ketika bernyanyi dengan posisi tegak tentu saja secara otomatis memperbaiki postur tubuh. Selain itu juga, bernyanyi meningkatkan kapasitas paru-paru hingga membantu anda bernafas lebih baik.

3. Turunkan tekanan darah tinggi

Berkat efek menenangkannya, bernyanyi mampu menurunkan tekanan darah tinggi pada beberapa kasus. Kebanyakan pasien darah tinggi melakukannya dengan menyanyikan lagu-lagu religi.

4. Membantu pasien Parkinson

Pada beberapa studi, dinyatakan bahwa bernyanyi membantu memperbaiki kualitas kesehatan pasien Parkinson. Bernyanyi mampu memperbaiki vokal dan kemampuan menelan makanan. Bahkan studi lain menyebutkan bahwa bernyanyi membantu mereka kembali memperoleh keseimbangan.

5. Memperbaiki kemampuan kognitif

Dalam beberapa penelitian menyebutkan bahwa musisi rata-rata memiliki IQ yang lebih tinggi dibandingkan dengan mereka yang tidak berhubungan dengan musik. Musik dipercaya dapat membantu meningkatkan fungsi otak secara keseluruhan. 

6. Meningkatkan kekebalan tubuh

Dikarenakan dengan bernyanyi bisa menurunkan tekanan darah dan mengurangi rasa cemas, hal tersebut juga akan tercermin dalam level kekebalan tubuh. 

7. Panjang umur

Mereka yang bernyanyi memiliki fungsi jantung yang lebih baik dan lebih sehat. Hal tersebut tentu saja turut meningkatkan angka harapan hidupnya.

Mengingat begitu banyaknya manfaat yang bisa diperoleh dari bernyanyi, mengapa tidak dari sekarang kita bernyanyi untuk kesehatan?

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini