Sukses

Protes Pelecehan Seksual, Artis Kenakan Baju Besi di Jalanan

Artis perempuan ini dengan berani tampil di jalan memakai baju besi untuk memprotes pelecehan yang kerap diterima kaum wanita

Citizen6, Jakarta Di Afghanistan, berada di posisi seorang perempuan bukanlah hal yang menyenangkan. Masih sering terjadi tindakan pelecehan terhadap wanita di negeri yang sering dilanda konflik tersebut. Untuk menanggapi hal tersebut, seorang artis melakukan hal yang unik.

Kubra Khademi, artis Afghanistan berusia 25 tahun ini turun ke jalanan di kota Kabul, Afghanistan dengan memakai baju besi. Hal ini ia lakukan untuk memprotes pelecehan seksual yang kerap diterima perempuan di Afghanistan.

Dalam postingan Facebook-nya, Khademi menyebut penampilannya tersebut sebagai "Armor". Dilansir dari Buzzfeed, Kamis (22/07/2015), apa yang dilakukan Khademi tersebut mengundang perhatian banyak orang.

Afghanistan sendiri merupakan negara di mana perempuan masih sering berjuang melawan pelecehan seksual, kekerasan, bahkan praktik misogynistic, yakni tradisi membenci kaum perempuan.

"Yang paling mengerikan menjadi wanita di negara ini adalah Anda bisa saja disiram dengan cairan asam saat sedang berjalan di jalanan," ujar Khademi.

Human Rights Watch sendiri menuturkan bahwa di Afghanistan pelecehan di jalanan merupakan pengalaman sehari-hari bagi perempuan dan anak perempuan, perempuan yang meminta bantuan polisi dalam menanggapi pelecehan, bahkan ancaman setelah menerima bantuan polisi.

Meski telah terdapat kemajuan dalam akses perempuan dalam pendidikan dan peningkatan partisipasi di parlemen, namun pelecehan seksual masih menjadi jalan panjang bagi perempuan-perempuan di Afghanistan.

Terkait tindakan Khademi, banyak yang mendukung apa yang ia lakukan karena kepedulian akan nasib kaum wanita. Namun banyak pula yang mencibir karena tak sepantasnya wanita melakukan hal tersebut. (sul)

**Ingin berbagi informasi dari dan untuk kita di Citizen6? Caranya bisa dibaca di sini

**Ingin Dapat Ponsel Acer Liquid Z500 ikuti #LebaranNarsis di sini

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini