Sukses

Manfaat Berbicara pada Diri Sendiri

Kamu takut disangka gila jika berbicara pada diri sendiri? Berikut ini beberapa manfaat yang bisa kamu peroleh dari kebiasaan aneh ini.

Citizen6 - Jakarta Seringkali kita menganggap gila atau aneh jika melihat seseorang berbicara sendiri. Hal tersebut membuat kita menahan diri atau membiasakan diri untuk tidak berbicara sendiri. Tetapi seseorang tidak bisa berhenti berpikir. Sepanjang jalan, sepanjang waktu pikiran kita terus bermonolog tentang banyak hal. Jadi mengapa tidak untuk mengeluarkan dari pikiran kita dan mengatakannya. Orang sejenius Einstein pun memiliki kebiasaan untuk berbicara sendiri. 

Berikut ini manfaat yang bisa diperoleh jika berbicara sendiri : 

1. Belajar seperti anak kecil

Seorang anak kecil belajar berbicara dengan mendengarkan terlebih dulu bagaimana orang-orang di sekitar mereka berbicara kemudian mengulanginya. Tanpa khawatir disangka aneh atau gila, mereka mengulang kata-kata yang pernah mereka dengar dan berbicara sendiri. Ketika kita berbicara sendiri kita mampu menyerap dan mengingat informasi lebih banyak, hal tersebut melatih kita belajar seperti anak kecil. 

2. Mengelola isi pikiran

Seringkali isi pikiran kita sangat kacau dan berantakan. Banyak hal-hal yang terus kita pikirkan berulang kali dan membuat sedikit kacau. Kita bisa sedikitnya mengelola dan mengatur isi pikiran dengan menyatakan apa yang ada dalam pikiran kita. Dengan mengeluarkan apa yang ada dalam pikiran kita, membantu kita untuk lebih menata isi pikiran kita. 

3. Otak kita bekerja lebih keras

Berbicara sendiri dapat membantu kita untuk menyelesaikan sebuah persoalan. Hal tersebut bisa terjadi karena ketika kita mengeluarkan pertanyaan dalam diri kita, kemudian otak kita dengan segera meresponnya untuk memberi jawaban. Otak kita bekerja lebih baik dan efektif ketika mendengar sebuah persoalan dan pertanyaan daripada hanya memikirkannya. 

Selain itu, berbicara sendiri dapat meningkatkan fokus pikiranmu membantumu untuk bisa mengontrol emosi. Hal tersebut dikarenakan ketika kita berbicara sendiri mengatakan hal yang perlu dilakukan maka kemudian tubuhmu akan merespon dengan mengikuti apa yang kamu ucapkan. Jadi, masihkah kamu ragu dan takut untuk berbicara sendiri setelah mengetahui manfaatnya? (rn)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.