Sukses

3 Langkah Penting saat Smartphone Hilang

Bisa dikatakan salah satu barang yang wajib dimiliki oleh setiap orang adalah smartphone, apalagi bagi mereka yang mengaku sebagai manusia.

Citizen6, Jakarta Seiring dengan perkembangan jaman yang semakin maju, bisa dikatakan salah satu barang yang wajib dimiliki oleh setiap orang adalah smartphone, apalagi bagi mereka yang mengaku sebagai manusia modern.

Telepon Pintar memang sangat berguna bagi kehidupan manusia, sebab barang mungil tersebut tergolong multifungsi. Tak hanya sebagai alat komunikasi, smartphone juga dapat digunakan untuk berbagai hal lainnya, seperti mengambil gambar, merekam video, mendengarkan musik, bermain game, dan mengakses internet.

Oleh sebab itu, terkadang pemilik smartphone akan langsung merasa panik dan frustrasi saat mengetahui bahwa smartphone yang ia miliki hilang. Padahal ada beberapa cara yang dapat ia lakukan agar dapat membantu Anda mencari tahu keberadaan dari smartphone yang hilang tersebut.

1. Lakukan tindakan antisipasi

Saat memiliki smartphone baru, hendaknya Anda mencatat beberapa hal penting yang berkaitan dengan smartphone yang tersebut, mulai dari kode IMEI (Mobile Station International Equipment Identity), kode MEID (Mobile Equipment Identifier) dan Serial Number yang tertera pada kemasan smartphone. Selain itu Anda juga perlu mengatur layar kunci dan mengaktifkan enkripsi agar orang yang mencuri atau menemukan smartphone Anda tidak begitu saja mudah membuka dan melihat seluruh data yang anda simpan dalam smartphone tersebut.

2. Lakukan konfigurasi akses remote

Sebaiknya saat smartphone tersebut belum hilang, Anda juga perlu untuk melakukan konfigurasi akses remote. Ini dilakukan agar saat smartphone hilang, Anda masih punya kesempatan untuk melacaknya. Bila Anda pengguna smartphone berbasis Android, maka konfigurasikan dengan menggunakan layanan Android Device Manager. Sementara untuk pengguna smartphone berbasis iOS, Anda dapat mengonfigurasikannya lewat iCloud dan fitur Find My Phone.

3. Hubungi Operator untuk Menonaktifkan Layanan

Ketika smartphone hilang, Anda juga dapat menghubungi operator seluler agar menonaktifkan layanannya. Dengan begitu, orang yang mengambil atau menemukan smartphone Anda tersebut tidak bisa menggunakannya. (*)

Pengirim:

M Sufyan

**Ingin berbagi informasi dari dan untuk kita di Citizen6? Caranya bisa dibaca di sini

**Ingin berdiskusi tentang topik-topik menarik lainnya, yuk berbagi di Forum Liputan6

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini