Sukses

Amerika Buat Jet Tempur Bersenjata Laser Bak di Film Star Wars

Saat ini perkembangan teknologi senjata akan mencapai ke tahap yang jauh lebih maju dari sebelumnya.

Citizen6 Penemuan dalam bidang teknologi senjata, khususnya senjata perang seolah tidak ada habisnya. Saat ini perkembangan teknologi senjata akan mencapai ke tahap yang jauh lebih maju dari sebelumnya.

Laboratorium Penelitian Angkatan Udara Amerika Serikat yakni “Air Force Research Laboratory” atau AFRL, baru-baru ini mengungkapkan jika kemajuan teknologi senjata saat ini sedang mencapai tahap menuju penggunaan senjata energi, termasuk senjata laser. Tak hanya itu, AFRL juga mengungkapkan bahwa pada tahun 2020 nanti, penggunaan senjata laser sudah dapat digunakan oleh jet tempur. Itu berarti, pada tahun 2020 mendatang, pesawat tempur bersenjata laser seperti yang terdapat pada film sains fiksi di film Star Wars akan benar-benar menjadi sebuah kenyataan.

Dilansir CNN pada Jumat (18/12/2015), kepala teknisi untuk AFRL, Kelly Hammett, mengatakan “Kami sedang mengusahakan untuk mengembangkan teknologi ke tahap yang lebih lajut dan memastikannya benar-benar dapat digunakan, permasalahan yang kita temui adalah sangat sulit untuk menciptakan laser berukuran kecil yang memiliki keakuratan tinggi dan cukup kuat untuk jet tempur.” Tantangan lain yang didapat oleh AFRL adalah karena memang sangat sulit menciptakan laser yang kuat dan stabil terhadap getaran yang muncul akibat kecepatan supersonik. Namun, Kelly Hammett menyanggupi untuk menyelesaikan tantangan tersebut dalam kurun waktu lima tahun.

AFRL juga sedang mengerjakan ide lain yang terdengar seperti sesuatu dari film sains fiksi "Star Trek." ide tersebut semacam laser perisai pertahanan berbentuk bola yang mengelilingi pesawat yang memungkinkan pesawat jet tempur terlindungi dari serangan musuh seperti rudal.

Untuk menciptakan perisai seperti itu, dibutuhkan semacam menara pada bagian pesawat yang tidak mengganggu aerodinamika pesawat itu sendiri. Dalam pengerjaan teknologi senjata laser bagi pesawat jet tempur ini, AFRL diperkirakan menghabiskan sekitar sepertiga dari anggaran tahunan yaitu $ 150 juta. Dan Hammett menambahkan bahwa direktoratnya sepenuhnya akan didanai untuk mencapai tujuannya menciptakan senjata laser bagi jet tempur yang diperkirakan sudah dapat dilihat hasilnya pada tahun 2020.

(soy/ul)

 

Penulis:

Soyid Prabowo

 

**Ingin berbagi informasi dari dan untuk kita di Citizen6? Caranya bisa dibaca di sini

**Ingin berdiskusi tentang topik-topik menarik lainnya, yuk berbagi di Forum Liputan6

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.