Sukses

5 Fakta Jakarta Sudah Aman Pasca-Teror Bom Sarinah

Berikut hal-hal yang dapat membutikan bahwa Jakarta sudah aman dan kondusif.

Citizen6 Jakarta Polda Metro Jaya memastikan kondisi Jakarta secara umum sudah relatif normal setelah teror di Sarinah, Thamrin 14 Januari 2016. Kabid Humas Polda Metro Jaya Kombes M Iqbal memperbolehkan aktivitas seperti biasa meskipun status Siaga I Jakarta belum dicabut. Berikut hal-hal yang dapat membutikan bahwa Jakarta sudah aman dan kondusif.

1. Karyawan Berangkat Kerja seperti Biasa

Beberapa toko franchise asing seperti Pizza Hut, Burger King, dan Lotus yang ada di sekitar lokasi ledakan memang masih tutup. Namun sebagian kantor-kantor swasta maupun negeri di Jakarta masuk seperti biasa. Aktivitas warga sudah kembali normal meski di area publik masih terlihat polisi dengan senjata laras panjang untuk berjaga-jaga. 

2. Jalanan Macet

Berdasarkan pantaun citizen6 di lapangan, arus lalu lintas di beberapa ruas jalan menuju Thamrin padat merayap. Hal itu menjadi bukti bahwa meski masih dalam status Siaga I, aktivitas warga Jakarta sudah kembali normal.

3. Aksi Damai Warga Jakarta

Untuk membuktikan bahwa warga Jakarta telah aman seperti biasa, hari ini warga Jakarta mengadakan aksi damai bergandengan tangan melawan segala bentuk teror di depan gedung Sarinah. Aksi yang akan diaksanakan pada sore hari ini mengajak seluruh warga Jakarta yang datang ke lokasi memakai baju putih.

4. Polri TNI saling Backup

Menko Polhukam Luhut Pandjaitan memastikan kondisi Jakarta sudah aman. TNI telah mem-back up Polri untuk mengamankan Jakarta. Luhut juga meminta agar masyarakat tak mudah terpancing isu-isu liar. Masyarakat dipersilakan mengklarifikasi info-info soal peristiwa terorisme ini ke pemerintah.

5. Munculnya #SafetyCheckJakarta

#SafetyCheckJakarta merupakan gerakan yang digagas oleh sineas Joko Anwar di Tiwitter. Gerakan ini berisi laporan warga Jakarta yang memosting foto aktivitas di sejumlah kota Jakarta aman. Ratusan orang telah menyebarkan dan mengonfirmasi bahwa tempat mereka aman.*

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini