Sukses

5 Negara di Dunia Ini Tidak Memiliki Tentara

Sebuah negara memilik tentara untuk melindunginya,namun ada negara-negara didunia ini yang tidak memiliki tentara. Mengapa ya?

Citizen6, Jakarta ''Aneh, suatu negara tanpa tentara ..." kalimat terkenal ini diucapkan oleh Jendral Urip Sumoharjo, seorang pemimpin tentara dan kepala staf umum Tentara Nasional Indonesia pertama pada masa Revolusi Nasional Indonesia. Setelah proklamasi kemerdekaan, Ia diperintahkan kabinet pertama Republik Indonesia untuk segera membentuk tentara angkatan perang nasional yang bermarkas di Yogyakarta. Prinsip bahwa sebuah negara harus memiliki tentara untuk melindungi kedaulatan benar-benar ia terapkan di Yogyakarta dengan membentuk Tentara Keamanan Rakyat (TKR).

Beruntunglah Indonesia, atas ide dan konsep Jenderal Urip Sumoharjo hingga kini Indonesia memiliki tentara yang kuat dan melindungi kedaulatan Indonesia. Namun, ternyata ada negara-negara di dunia ini yang tidak memiliki tentara dan menyerahkan keamanan negaranya kepada negara atau pihak lain. Terdengar mustahil namun benar-benar terwujud dalam sistem pemerintahan mereka.

Yuk, kita simak negara-negara di dunia yang tidak memiliki tentara di artikel berikut ini.

 

**Ingin berbagi informasi dari dan untuk kita di Citizen6? Caranya bisa dibaca di sini.


**Ingin berdiskusi tentang topik-topik menarik lainnya, yuk berbagi di Forum Liputan6.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.