Sukses

Mengapa Telapak Kaki Begitu Geli Saat Disentuh?

Tetapi, merasa geli itu pertanda baik. Sebab jika kamu tidak dapat merasakan reaksi apapun jika pada saat area sensitifmu disentuh

Citizen6 Jakarta - Ada banyak bagian tubuh manusia yang amat sensitif jika disentuh, seperti telapak kaki. Sentuhan pada telapak kaki akan menghasilkan reaksi yang geli. Bahkan tak jarang, kita akan tertawa terbahak-bahak jika telapak kakinya digelitik.

Dilansir dari wonderopolis.org, bagian tubuh manusia yang sangat sensitif yakni telapak kaki, leher, ketiak, dan telapak tangan. Sebagian besar manusia akan merasa geli jika bagian-bagian tersebut disentuh khususnya oleh orang lain.

Alasannya, terdapat banyak saraf pada bagian tersebut. Bahkan beberapa saraf memiliki konsentrasi ujung saraf yang  sangat dekat dengan permukaan kulit, sehingga akan geli jika disentuh.

Beberapa peneliti mengatakan, bagian-bagian tubuh tersebut menjadi sensitif lantaran menjadi tameng pertahanan tubuh. Tempat yang paling geli ternyata merupakan tempat yang sangat rentan terhadap serangan  sehingga membantu kita terhindar dari cedera.

Sebagai contoh daerah sensitif pada telapak kaki. Kaki memiliki saraf yang mengandung reseptor nyeri di dekat permukaan kulit yang jika disentuh maka dapat menghasilkan sensitivitas yang lebih besar. Ini yang membuat banyak orang yang kurang nyaman jika telapak kaki digelitiki dalam waktu yang lama.

Tetapi, merasa geli itu pertanda baik. Sebab jika kamu tidak dapat merasakan reaksi apapun jika pada saat area sensitifmu disentuh, mungkin saja terjadi masalah pada reseptor saraf. Jika kamu kehilangan sensasi geli pada area sensitif, bisa jadi hal itu merupakan gejala neuropati.

(war/kw)

**Ingin berbagi informasi dari dan untuk kita di Citizen6? Caranya bisa dibaca di sini


**Ingin berdiskusi tentang topik-topik menarik lainnya, yuk berbagi di Forum Liputan6

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini