Sukses

Seramnya Danau Tengkorak Roopkund di Himalaya

Danau ini penuh dengan tengkorak dan tulang belulang manusia.

Citizen6, Jakarta Seorang penjaga hutan yang tengah berpatroli di daerah pegunungan Himalaya menemukan sesuatu yang mengerikan. Matanya menatap tumpukan tulang kerangka manusia di seputar Danau Roopkund, India, pada ketinggian 5.029 meter di atas permukaan laut. Sejak penemuannya di tahun 1942 itu, Danau Roopkund terkenal menjadi danau tengkorak.

Beragam teori bermunculan untuk menjawab kondisi yang terjadi disana, mulai dari penyebaran wabah mematikan, bencana alam hingga ritual bunuh diri massal. Pada tahun 2004 dibentuk ekspedisi yang menghimpun sejumlah ahli untuk meneliti kondisi Danau Roopkund. Namun mereka belum menghasilkan petunjuk yang memuaskan.

Mereka hanya bisa memperkirakan, sejumlah kerangka itu berasal dari 200-300 orang. Diduga berasal dari awal abad ke-9 yang terbagi dalam dua kelompok. Mereka diduga kerabat dalam satu keluarga dan berasal dari satu suku Kelompok yang lain merupakan kelompok penduduk lokal yang lebih kecil.

Simak kelanjutan artikel tentang danau penuh tengkorak Danau Roopkund di tautan berikut ini

**Ingin berbagi informasi dari dan untuk kita di Citizen6? Caranya bisa dibaca di sini.

**Ingin berdiskusi tentang topik-topik menarik lainnya, yuk berbagi di Forum Liputan6.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini