Sukses

Di Kota Ini, Cewek Jomblo Dilarang Punya Ponsel

Kabar ini mungkin seperti fiksi, namun benar-benar terjadi.

Citizen6, Jakarta Kabar ini mungkin seperti fiksi, namun benar-benar terjadi. Di sebuah kampung di Gujarat terdapat peraturan yang mungkin paling aneh di dunia. Para perempuan di kampung ini dilarang memiliki ponsel.

Jika peraturan ini dilanggar, hukumannya sangat berat. Mereka yang tertangkap basah memiliki dan memakai ponsel akan didenda sebesar 2,100 rupee atau sekitar 31 dolar Amerika.

Dan bagi siapapun yang melihat perempuan single mempunyai ponsel dan melaporkan kepada pihak yang berwajib akan memperoleh hadiah sebesar 200 rupee atau sekitar 2,92 dollar.

Perempuan di kampung Suraj, 100 kilometer dari kota Ahjmedabad ini hanya boleh menelepon dengan pengawasan orang tuanya. Dan orang yang boleh ditelepon pun terbatas hanya kepada saudara dekat dan kerabat.

Pejabat setempat, Devshi Vankar menjelaskan kenapa perempuan single dilarang memiliki ponsel, kenapa perempuan harus memiliki ponsel? Internet hanya menghabiskan waktu, uang dan hanya untuk kelas menengah. Perempuan sebaiknya lebih fokus belajar dan bekerja saja.

“Untuk para mahasiswa sudah cukup dewasa untuk membedakan mana yang baik dan mana yang buruk, dan mereka bisa berkomunikasi dengan orang tuanya di kota, bukan di kampung ini, tambahnya.

Selain pemborosan waktu, masih menurut Vankar, peraturan itu untuk melindungi perempuan dari pelecehan dari laki-laki melalui aplikasi messanger.

Kampung berpenduduk sekitar 2500 orang ini mayoritas menyetujui peraturan ini. Mereka beranggapan, ponsel memungkinkan para anak muda meninggalkan rumah dan teknologi tersebut dianggap sebagai hal yang mengganggu masyarakat.

Tak hanya di Suraj, di Uttar Pradesh juga menerapkan peraturan serupa.

Saat ini di India terdapat sekitar satu miliar pengguna ponsel namun terdapat juga diskriminasi gender yang begitu lebar. Berdasarkan penelitian yang dilakukan pada 2015, jumlah pengguna ponsel perempuan 113 juta lebih sedikit dibanding laki-laki.

 

**Ingin berbagi informasi dari dan untuk kita di Citizen6? Caranya bisa dibaca di sini

**Ingin berdiskusi tentang topik-topik menarik lainnya, yuk berbagi di Forum Liputan6

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

    Video Terkini