Sukses

Keajaiban Ini Terjadi pada Kakek yang Alami Penyakit Langka

Operasi pengangkatan tumornya, membuat Moger sulit berbicara dengan jelas dan minum secara normal.

Citizen6 - Baru-baru ini kisah Eric Moger, seorang pria berusia 62 tahun yang kehilangan sebagian wajahnya akibat penyakit langka menjadi sorotan masyarakat di penjuru dunia.

Kisahnya bermula ketika ia dan kekasihnya, Karen memutuskan untuk mengikat janji suci pernikahan. Namun, kondisi Moger yang memburuk membuat mereka mengurungkan niatnya tersebut. Sebelumnya Moger memang pernah gagal untuk melakukan seri operasi polip di hidung, setelah 6 tahun kemudian ia positif didiagnosis dengan penyakit langka karsinoma sel skuamosa.

dok: elitereaders.com

Dilansir elitereaders.com, Kamis (3/3/2016), seorang ahli mengatakan penyakit langka ini biasanya terdeteksi sejak dini. Namun, dalam kasus Moger sedikit terlambat karena polip sudah berkembang hingga menyebabkan tumor sebesar bola tenis yang bersarang di dalam hidungnya. Ketika Moger terinfeksi karsinoma sel skuamosa, maka ahli bedah tak punya pilihan selain mengambil tumor yang mempengaruhi rahang, tulang pipi dan mata kirinya.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Next

Operasi pengangkatan tumornya, membuat Moger sulit berbicara dengan jelas dan minum secara normal karena ia telah kehilangan sebagaian besar wajah sisi kirinya. Kondisi tersebut yang membuatnya depresi dan melakukan pengasingan selama 4 tahun. Untungnya sebuah reality show Inggris "Embarrassing Bodies" membuka jalannya untuk pemulihan bersama Dr Christian Jessen yang juga disebut dokter gigi Andrew Dawood.

dok: elitereaders.com

Setelah serangkaian operasi, Moger akhirnya dapat kembali menjalani kehidupannya secara normal. Dr Dawood merancang sebuah masker palsu dengan teknologi scanning 3D dengan nilon yang akan diisi silikon agar lebih nyaman digunakan. Dr Dawood juga menambahkan akan pengikat topeng dalam rongga wajahnya dan ditanamkan di mulut sehingga dapat membuatnya berbicara, makan dan minum secara normal.

Kini kondisi Moger telah membaik dan dapat menjalani hidup dengan baik, dia juga akan merealisasikan mimpinya untuk menikah dengan Karen.

(ul)

 

**Ingin berbagi informasi dari dan untuk kita di Citizen6? Caranya bisa dibaca di sini

**Ingin berdiskusi tentang topik-topik menarik lainnya, yuk berbagi di Forum Liputan6

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini