Sukses

9 Isyarat Tangan Ini Punya Makna Berbeda di Negara Lain

Setiap negara mempunyai ketentuan bahasa isyarat masing-masing.

Citizen6, Jakarta Ketika kamu lagi menelepon seseorang, apakah kamu memperagakan gerak tangan? Sebagian dari kamu tidak menyadari bahasa tubuh sewaktu bicara lewat telepon. Padahal, lawan bicara di telepon tidak bisa melihat isyarat tangan.

Tapi tahukah kamu, bahasa isyarat bisa membuat kamu dicap tidak sopan di negara-negara Amerika Latin. Bahkan kamu bisa masuk penjara kalau menunjukkan beberapa gerak isyarat di Tunisia. Setiap negara mempunyai ketentuan bahasa isyarat masing-masing.  

  • Gerakan Tangan yang Heboh

Beberapa negara termasuk pengguna isyarat tangan yang aktif, di antaranya orang Perancis, Italia, Spanyol, Meksiko, India, dan Arab. Saat berbicara, tangan mereka selalu bergerak  seakan tidak bisa diam.

Forum Liputan6

Berbeda dengan suku Indian di Bolivia. Dampak iklim yang dingin, mereka terbiasa meletakkan tangan di bawah syal atau mantel yang tebal. Ekspresi mereka lebih mengandalkan wajah dan mata. Jadi, budaya isyarat tangan ikut dipengaruhi kondisi geografis.

  • Gerakan Melambaikan Tangan

Isyarat melambaikan tangan yang dimaknai "memanggil" dipakai di Indonesia, Ghana, Pakistan, negara-negara di Timur Tengah, dan Mediterania. Di Amerika Serikat, isyarat ini diartikan sebagai salam perpisahan.

Forum Liputan6

Kamu tak perlu heran kalau memanggil teman yang orang Amerika dengan melambaikan tangan, ia malah pergi.

  • Thumbs Up (Acungan Jempol)

Thumbs up (acungan jempol), simbol tangan yang paling populer. Simbol ini biasa digunakan menyatakan sesuatu yang bagus. Asal muasal simbol digunakan saat acara pertunjukan gladiator, Roma, Italia, para penonton diberi kewenangan oleh kaisar.

Acungan jempol dari gelandang AC Milan Mark Van Bommel kepada para fans usai leg kedua babak 16 besar Liga Champions melawan Arsenal di Emirates Stadium, 6 Maret 2012. Meski kalah 0-3, Milan unggul agregat 4-3. AFP PHOTO / GIUSEPPE CACACE

Apakah pejuang gladiator berhak hidup atau mati? Simbol jempol ke atas (thumb up) menandakan pejuang boleh hidup (menang). Simbol jempol ke bawah (thumb down) menandakan pejuang harus mati (kalah).

Selengkapnya simak di sini.

* Saksikan Live Gerhana Matahari Total, Rabu 9 Maret 2016 di Liputan6.com, SCTV dan Indosiar Mulai Pukul 06.00 - 09.00 WIB. Klik di sini

**Ingin berbagi informasi dari dan untuk kita di Citizen6? Caranya bisa dibaca di sini

**Ingin berdiskusi tentang topik-topik menarik lainnya, yuk berbagi di Forum Liputan6

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.