Sukses

Tak Hanya Angklung, Ini Deretan Alat Musik Khas Bandung

Tak Hanya Angklung, Ini Deretan Alat Musik Khas Bandung

Citizen6, Jakarta Bandung adalah salah satu kota yang budayanya masih sangat kental. Di kota ini, kamu menemukan orang-orang yang menggunakan campuran bahasa Sunda dan bahasa Indonesia. Selain terkenal memiliki banyak tempat wisata dan kuliner, ternyata Bandung memiliki alat tradisional yang masih dipakai hingga sekarang.

Berikut adalah deretan alat musik khas kota kembang Bandung selain angklung :

1. Degung

Alat musik degung atau yang biasa disebut gamelan ini berasal dari Bandung, degung terbilang tradisional karena diperkirakan sudah ada sejak abad ke-18. Degung itu sendiri bukan hanya sebutan untuk 1 alat, namun dianggap seperangkat gamelan degung terdiri atas alat musik gong, jenglong, kendang, saron dan suling. Sampai saat ini gamelan degung digunakan di beberapa acara seperti pernikahan, jaipongan, sinden, bahkan di acara yang disiarkan di televisi.

Hal ini bertujuan untuk menunjukkan eksistensi alat tradisional ini kepada masyarakat. Kamu juga bisa mengenalkan alat musik ini pada masyarakat, cukup sewa grup gamelan degung di tengah pernikahan kamu kelak. Hal ini bisa memberi kesan sangat tradisional namun tetap mewah.

Simak alat musik khas Bandung lainnya di tulisan berikut ini.

* Saksikan Live Gerhana Matahari Total, Rabu 9 Maret 2016 di Liputan6.com, SCTV dan Indosiar Mulai Pukul 06.00 - 09.00 WIB. Klik di sini.

**Ingin berbagi informasi dari dan untuk kita di Citizen6? Caranya bisa dibaca di sini.

**Ingin berdiskusi tentang topik-topik menarik lainnya, yuk berbagi di Forum Liputan6.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.