Sukses

Info Menarik dari Meeting Campus Citizen Journalist Community

Ilmu bermanfaat bukan hanya didapat dari lingkungan kampus. Dengan mengikuti pertemuan dan komunitas Campus CJ Liputan6.com seperti ini

Citizen6 Jakarta - Liputan6.com khususnya kanal Citizen6 membicarakan langkah apa saja yang akan ditempuh setelah diadakannya Media Campus Gathering batch 1 pada 3 Maret 2016. Meeting dilaksanakan di News Meeting Room, SCTV Tower, Senayan, Jakarta Pusat (19/3/16).

Tujuh orang mahasiswa menghadiri rapat ini, 2 orang mahasiswa Universitas Islam Negeri Jakarta, dan 5 orang mahasiswa Politeknik Negeri Jakarta. Angga Jatmiko dan Sulistyo, Manager Tim Community Develpoment Liputan6.com, berperan sebagai pembimbing kami di komunitas Campus CJ.

Setelah rencana sudah tersusun, peserta rapat juga dibekali ilmu tambahan tentang teknik menulis di era Web 2.0, dan yang berwenang menjelaskan adalah Azwar Anas, Editor Kanal Citizen6 di Liputan6.com.

Meeting Campus Media Gathering

Web 2.0 adalah hal yang unik di era dewasa ini. Seperti kita semua ketahui untuk dapat menjadi creative writing harus lihai memainkan sudut pandang 5W+1H. Di era sekarang, tulisan yang mengandung 5W+1H saja tidak cukup, sebab kita harus menemukan sudut pandang unik dan berbeda dari yang lain.

“Kita bisa mengeksplorasi satu unsur saja sehingga ketemu perihal yang
unik namun tetap fokus, misal mau who ya who saja, what ya what saja, dan seterusnya,” tambahnya.

Ia menjabarkan langkah-langkah dalam menulis, antara lain: menentukan topik apa yang ingin digunakan untuk menulis (topik), membuat daftar pernyataan yang sudah didapat (draft), mengembangkan draft yang sudah dimiliki (perkaya dengan data), dan terakhir sunting.

Penulis berhak mengedit tulisannya sendiri karena sejatinya yang paling memahami tulisan adalah penulisnya. “Usahakan, jangan menyunting ketika tulisan belum rampung. Selesaikan saja dulu lalu edit belakangan,” tegasnya.

Ia juga menambahkan, ada beberapa tips yang bisa dilakukan agar tulisan tak kering, di antaranya melakukan observasi, riset, dan jika diperlukan melakukan wawancara. "Namun hal yang tak kalah penting adalah membaca. Sulit rasanya menulis tanpa mau membaca. Dan sering-seringlah berlatih," ujarnya.

Ilmu bermanfaat bukan hanya didapat dari lingkungan kampus. Dengan mengikuti pertemuan
dan komunitas Campus CJ Liputan6.com seperti ini, juga dapat memberikan manfaat yang banyak. Terima kasih ketiga mentoring  dari Tim Community Development Liputan6.com yang sudah membimbing kami sampai akhirnya kami mengerti tentang creative writing untuk Web 2.0

Penulis :

Anisa Anindita

Mahasiswi Politeknik Negeri Jakarta

Twitter :@anisaadt

Kirimkan kisah pengalaman kamu di kampus ke redaksi Campus CJ  Liputan6.com melalui email: campuscj6@gmail.com serta bergabung bersama komunitas Campus CJ di Official Instagram kami @campuscj6.

 

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.