Sukses

Memaknai Kehidupan Lewat Petuah Tampah oleh Teater Djarum

Pertunjukkan ini dimaksudkan untuk memaknai kehidupan lewat medium tampah

Citizen6, Jakarta - Kemajuan teknologi modern, terutama teknologi komunikasi, diakui maupun tidak merupakan arus besar yang menjadikan banyak nilai di dalam masyarakat kita terputus dan terkoyak. Apalagi jika kita tidak mampu secara arif dan bijaksana menyikapinya. Oleh karenanya, tampah yang menawarkan banyak nilai diangkat dalam “Petuah Tampah”.

Petuah Tampah didukung oleh 13 pemain yang menggabungkan unsur gerak dan dialog, serta perlambangan atas simbolisasi yang ditawarkan. Gagasan “Petuah Tampah” ini dicetuskan oleh Teresa Rudiyanto. Kemudian penyusunan naskah dan penyutradaraan oleh Asa Jatmiko.

“Tampah” sendiri merupakan alat tradisional masyarakat kita yang dipergunakan utamanya untuk memilah dan memilih padi bernas, juga dipergunakan untuk fungsi-fungsi lain, misalnya: tempat nasi tumpeng untuk syukuran, tempat bumbu-bumbu dapur. Dan di dalam tradisi Jawa, tampah juga memiliki arti filosofi, yakni: nampa atau menerima.

Pada beberapa peristiwa anak hilang di senjakala, menurut mitosnya karena diajak bermain makhluk halus (sebagai digondhol wewe), tampah kemudian dijadikan alat tetabuhan oleh para tetangga sambil keliling kampung. Dan ditemukanlah si anak hilang tadi, tengah kebingungan terduduk di batang sebuah pohon besar. Terlepas percaya atau tidak, nyatanya tampah telah menjadi alat magi yang berguna bagi masyarakat.

Galeri Indonesia Kaya 

Singkatnya, Tampah memiliki nosi “ke dalam” dan “ke luar” bagi masyarakat kita. Pada pemaknaan ke dalam, Teater Djarum menawarkan kembali perenungan akan tumbuhkembangnya kepribadian anak manusia di dalam kehidupan yang bagaikan siklus atau cakra manggilingan (roda yang berputar). Berdenyut, berkesinambungan dan terus hidup.

Sementara Tampah dalam pemaknaan “keluar” bagi masyarakat merupakan media bersosialisasi, bertegur-sapa, serta terjalinnya upaya saling membutuhkan dan saling menopang. Tampah menjadi alat yang mempertemukan secara langsung pribadi dengan banyak pribadi.

Galeri Indonesia Kaya 

“Pertunjukan Petuah Tampah ini merupakan wujud konsistensi kami untuk berkreasi dibidang seni teater. Melalui lakon ini, kami ingin menyampaikan pesan bahwa jangan sampai kita kehilangan jati diri kita di jaman modern yang penuh dengan kemajuan teknologi ini. Kemajuan teknologi memang tak terbantahkan, namun bukan berarti kita melupakan nilai-nilai luhur yang menjadi pedoman kita dalam menjalani kehidupan,” ujar Asa Jatmiko, Sutradara dalam lakon Petuah Tampah seperti dalam rilis yang diterima Liputan6.com.

Eksplorasi Tampah berlangsung selama 3 bulan penuh. Dan naga-naganya, tidak akan pernah berakhir. Oleh karena setiap latihan dan pemanggungan, Teater Djarum selalu menemukan hal-hal baru. Seperti ketika tiba-tiba menemukan kata wos (bahasa Jawa yang berarti beras), yang juga berarti “inti” kehidupan.

Galeri Indonesia Kaya 

Kemudian ketika Teater Djarum menemukan tampah yang disusun dari anyam-anyaman bambu, tiba-tiba tersadarakan bahwa bangunan dari seluruh proses para pemain dan pendukung teater tidak lain merupakan “anyam-anyaman” dari pribadi-pribadi yang mewujud tampah sebagai pentas besarnya. Begitu seterusnya, yang menyadarkan kepada kami bahwa eksplorasi tampah ini semakin membuat kami mengerti bahwa kami banyak tidak mengerti.

Setelah tampil di Galeri Indonesia Kaya, Minggu (08/05/2016), Teater Djarum masih akan membawa lakon Petuah Tampah ini ke beberapa kota seperti Kudus yang akan dilaksanakan di Balai Budaya Redjosari, 25 Mei 2016 mendatang. Kemudian Teater Djarum juga akan menyambangi Yogyakarta di Omah Petroek Karang Klethak pada 27 Agustus 2016. Dan terakhir, Teater Djarum akan berada di Teater Arena Taman Budaya Jawa Tengah, Solo, pada 24 September 2016.

**Ingin berbagi informasi dari dan untuk kita di Citizen6? Caranya bisa dibaca di sini

**Ingin berdiskusi tentang topik-topik menarik lainnya, yuk berbagi di Forum Liputan6

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini