Sukses

Kejar Beasiswa LPDP, Mahasiswa UIN Jakarta Bentuk LPDP Hunters

LPDP Hunter UIN Jakarta bangkitkan gairah semangat para mahasiswa untuk mengejar beasiswa LPDP.

Citizen6, Jakarta Beasiswa Lembaga Pengelolaan Dana Pendidikan (LPDP), salah satu program beasiswa yang cukup prestisius di Indonesia. Beasiswa yang mencakup seluruh dana mahasiswa, baik biaya pendidikan maupun biaya hidup. Kesempatan yang sangat besar ini sukses mendulang apresiasi mahasiswa di seluruh Indonesia untuk mengajukan beasiswa tersebut.

Namun, peminat DAN Awardee di kalangan UIN Syarif Hidayatullah Jakarta terlihat minim, entah kurang informasi atau pengetahuan mengenai LPDP. Oleh karena itu, adanya kesempatan besar ini membentuk komunitas LPDP Hunters UIN Syarif Hidayatullah Jakarta.

LPDP Hunters UIN Jakarta diprakarsai oleh Didin Syafruddin dan  Alumni Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan UIN Jakarta yang menjadi Awardee LPDP (Dian Rahmawati, Muhammad Takdir, Aziz Awaludin), Duta Dewantara FITK UIN Jakarta dan mahasiswa FITK UIN Jakarta pada April 2016 lalu.

Komunitas ini termasuk kelas kecil yang memiliki energi sangat besar. Dewi Sri Tunjungsari, mahasiswa S1 yang menjadi koordinator LPDP Hunter memiliki target berburu LPDP yang akan ia ajukan setelah wisuda.

LPDP Hunters Batch 1 yang berjumlah 105 orang diharapkan menjadi penerus memeroleh beasiswa. Di komunitas, mahasiswa belajar cara membuat esai, trik menyusun biodata, berburu universitas, dan trik mengejar persyaratan bahasa.

Pada awalnya, batch yang didirikan hanya satu. Semangat mengejar beasiswa bergengsi ini dinilai  bagus sehingga diteruskan menjadi batch-batch setiap tahun. Selain itu, mahasiswa juga saling ukhuwah dan berkenalan antarmahasiswa.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Suka-duka

Perjuangan memeroleh beasiswa LPDP terdapat suka-duka.

“Kita tuh sama kayak kalian. Pernah nangis, marah dan sebagainya dalam hidup karena diremehkan. Tapi itulah hidup. Yang penting berusaha dan berhasil membuktikannya," kata Dian Rahmawati.

Muhammad Takdir yang juga pengajar di LPDP Hunters UIN Jakarta Batch 1 memberikan nasehat khususnya kepada mahasiswi agar tak patah semangat.  

"Kalian itu nanti berjuang untuk keluarga kalian, juga suami kalian. Ketika kalian lolos ini, damailah hidup kalian karena membuktikan kalau kalian bisa," ujarnya.

Selain itu, Aziz Awaludin selalu menekankan kepada anggota komunitas, kunci lolos LPDP terletak pada kemampuan berbahasa, belajar dengan tekun, dan berdoa.

Sharing Santai LPDP Hunters UIN Jakarta (Penulis Dewi Sri Tunjungsari)

Dian, Takdir, dan Aziz secara sukarela berbagi pengalaman kepada mahasiswa-mahasiswa UIN Syarif Hidayatullah. Keduanya adalah Awardee LPDP yang akan segera berangkat ke Australia untuk melanjutkan pendidikan S2. Mereka membagi waktunya untuk bertemu sebagai volunteer di komunitas.

Semangat dan selentingan bocoran yang diberikan oleh para awardee LPDP dari UIN Syarif Hidayatullah Jakarta sangat inspiratif. Dalam setiap pertemuan tiap minggunya, para mahasiswa terlihat antusiasme. Bahkan pertemuan yang dimulai dari pukul 16.00-20.00 WIB bisa dibilang belum juga selesai.

Ditulis oleh Dewi Sri Tunjungsari

Mahasiswi UIN Syarif Hidayatullah Jakarta

Twitter: @dewistarlife

Penasaran kelanjutan artikelnya? Kamu bisa baca di sini.

**Ingin berbagi informasi dari dan untuk kita di Citizen6? Caranya bisa dibaca di sini.

**Ingin berdiskusi tentang topik-topik menarik lainnya, yuk berbagi di Forum Liputan6.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini