Sukses

Tiga Jenis Olahraga Paling Ideal Saat Berpuasa

Meskipun berpuasa, umat muslim tetap harus menjalankan aktivitas seperti biasanya. Tak terkecuali berolahraga saat puasa.

Liputan6.com, Jakarta Ramadan menjadi bulan yang ditunggu-tunggu oleh umat muslim setiap tahun. Saat Ramadan, umat muslim di seluruh dunia diwajibkan berpuasa. Meskipun berpuasa, umat muslim tetap harus menjalankan aktivitas seperti biasanya. Tak terkecuali berolahraga saat puasa. Berikut adalah olahraga ringan yang bisa Anda lakukan saat berpuasa:

1. Stretching/Peregangan

Stretching bisa Anda lakukan sebelum berolahraga ataupun setelah bangun tidur. Stretching bisa membantu melemaskan otot-otot Anda sebelum beraktivitas. Jika Anda masih sanggup, Anda bisa melanjutkan dengan berjalan atau pun bersepeda.

2. Berjalan

Aktivitas ini bisa Anda lakukan di saat pagi hari setelah salat Subuh. Di samping berjalan-jalan di luar rumah, Anda juga dapat menghirup udara segar di pagi hari. Selain itu, Anda juga bisa berjalan pada sore hari sambil mencari takjil untuk berbuka puasa. Kegiatan ini bisa Anda lakukan selama 30 menit. Bisa dilakukan di luar rumah ataupun treadmill

3. Bersepeda

Bersepeda santai bisa Anda lakukan mengelilingi komplek ataupun lingkungan rumah Anda. Sebaiknya dilakukan saat sore hari, 1 jam atau 30 menit sebelum berbuka. Anda juga bisa melakukannya dengan sepeda statis jika tidak ingin keluar rumah.

Nah, Anda tidak perlu lagi khawatir berolahraga saat puasa karena aktivitas tersebut tidak membuat Anda terlalu capai dan haus. Meskipun perut kosong dan kurang bertenaga, kondisi ini tidak boleh menghalangi kita untuk tetap berolahraga dan melakukan aktivitas fisik lainnya. Tetap lakukan olahraga untuk menjaga kesehatan dan kestabilan berat badan kita.

Penulis:

Yulia Nur Shofiani 

UIN Syarif Hidayatullah Jakarta

Jadilah bagian dari Komunitas Campus CJ Liputan6.com dengan berbagi informasi & berita terkini melalui e-mail : campuscj6@gmail.com serta follow official Instagram @campuscj6 untuk update informasi kegiatan-kegiatan offline kami.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini