Sukses

Benarkah Hewan Mengerti Tanaman Obat untuk Sembuhkan Dirinya?

Benarkah hewan mempunyai pengalaman medis untuk mengobati dirinya sendiri?

Liputan6.com, Jakarta - Penyayang binatang, khususnya kucing dan anjing, kerap menjumpai hewan peliharaan mereka mengunyah rumput. Kucing sebagai hewan pemakan daging, sering kedapatan sedang mengunyah rerumputan.

Pemilik anjing dan kucing menduga, penyebabnya adalah gangguan pada pencernaan yang bisa diatasi dengan rumput. Karena rumput jadi obat alamiah untuk merangsang muntah. Namun hal ini masih perlu penelitian lebih lanjut.

Melalui sambungan telepon, Liputan6.com bertanya tentang perilaku anjing dan kucing yang mengunyah rumput ini kepada drh. Tito Sigilipoe, dokter hewan yang juga penulis buku Dog Lover's Book. Tak hanya penulis buku, ia juga memiliki Certificates Dog Emotion and Cognition.

Tito, demikian dia disapa, menanggapi perilaku ini belum dapat dibuktikan secara medis bahwa anjing dan kucing mengunyah rumput sebagai obat.

"Perilaku anjing yang memakan rumput adalah kebiasaan normal, belum ada pembuktian terkait dengan penyakit. Muntah tampaknya terkait dengan kondisi fisik anjing, bukan karena makan tanaman," ujar drh Tito.

"Belum ada pembuktian medis, anjing dan kucing mengonsumsi tumbuh-tumbuhan untuk mengobati gangguan pencernaannya,"  lanjutnya. Ia merujuk pada riset yang dilakukan ahli hewan Benjamin L Hart, DVM, PhD, DACVB.

Simak kelanjutan artikelnya dengan meng-klik tautan berikut di Forum Liputan6.

Artikel Rekomendasi

Ini Yang Dipikirkan Wanita Saat Melihat Pria Telanjang

**Ingin berbagi informasi dari dan untuk kita di Citizen6? Caranya bisa dibaca di sini.

**Ingin berdiskusi tentang topik-topik menarik lainnya, yuk berbagi di Forum Liputan6.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.