Sukses

Ternyata, Ini Fungsi Sisi Biru di Penghapus Dua Warna

Ternyata sisi biru penghapus bukanlah untuk menghapus tinta pena seperti yang kita percaya selama ini

Liputan6.com, Jakarta - Masih ingat dengan penghapus di atas? Generasi 90-an biasanya tak asing dengan penghapus yang memiliki dua warna, merah dan biru, seperti gambar di atas. Saat masih duduk di bangku sekolah, banyak yang percaya kalau sisi berwarna biru digunakan untuk menghapus tinta pena di kertas. Namun, benarkah demikian?

Ternyata, apa yang kita yakini adalah sesuatu yang salah. Buktinya, Anda pasti pernah mengalami insiden kertas buku Anda robek saat menggunakan sisi biru penghapus tersebut bukan? Ya, sisi berwarna merah memang digunakan untuk menghapus jejak pensil tapi tidak demikian dengan sisi berwarna biru. Jadi, apa sebenarnya fungsi sisi biru tersebut?

Ini jawabannya! Sisi merah digunakan untuk menghapus jejak pensil di atas kertas normal. Namun, untuk kertas yang teksturnya lebih tebal dan kasar seperti kertas kartu atau kertas buram, sisi berwarna birulah digunakan. Dengan menggunakan sisi yang berwarna biru, Anda tak perlu mengeluarkan tenaga ekstra untuk menghapus tulisan dari pensil di kertas yang bertekstur tebal.

Tapi kalau demikian, kenapa ada simbol pena di beberapa penghapus dua warna tersebut? Ternyata itu bukan pertanda sisi biru bisa digunakan untuk menghapus tinta pulpen yang biasa kita gunakan, melainkan tinta pulpen khusus yang tidak menyerap pada kertas.

Nah, jangan heran kalau setiap Anda menggunakan sisi berwarna biru berakhir dengan kertas yang robek. Karena memang bukan itu fungsi sebenarnya.

**Ingin berbagi informasi dari dan untuk kita di Citizen6? Caranya bisa dibaca di sini

**Ingin berdiskusi tentang topik-topik menarik lainnya, yuk berbagi di Forum Liputan6

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.