Sukses

Asah Keahlian Menulis Menjadi Pewarta Warga Andal

Setiap orang bisa menulis dan melaporkan peristiwa sebagai seorang pewarta warga.

Citizen6, Jakarta Di era media daring, pemberitaan tidak hanya bersumber dari laporan reportase jurnalis. Berbagai cuitan dan unggahan foto netizen terhadap peristiwa yang sedang tren menjadi sumber berita yang manis. Peran pewarta warga (citizen journalist) ikut mendukung munculnya berita-berita menarik.

Setiap orang bisa menjadi seorang pewarta warga. Meskipun pewarta warga, keahlian menulis yang sesuai dengan kode etik jurnalistik perlu dipahami. Dunia daring yang mayoritas diakses para generasi muda bak pintu gerbang menuju dunia jurnalisme warga.

Fitri Haryanti Harsono, Community Development & Monitoring Liputan6.com, mengungkapkan generasi muda, khususnya kaum mahasiswa, dapat bergabung di dunia jurnalistik daring. Hal ini berguna bagi pengguna (user) mengukur intensitas seberapa besar interaktif menulis sebagai pewarta warga.

Tak heran, anggapan pewarta warga bisa saja memiliki posisi sejajar dengan jurnalis. Perlu adanya keterlibatan masyarakat dalam memberitakan suatu peristiwa tanpa memandang latarbelakang pendidikan seseorang.

IPB Youth Journalist IPB

Sebagai pewarta warga yang memiliki keunggulan menulis dengan ulasan dan topik menarik dibutuhkan gaya penulisan kreatif. Melalui penulisan kreatif khas pewarta warga, tulisan yang dibuat bisa dibilang akan laku di kalangan netizen.

“Untuk memulai membuat sebuah tulisan tidak hanya berpacu pada 5W+1H saja. Namun, harus berpegang pada sudut pandang yang konsisten. Dan menjadi seorang penulis harus memiliki pemikiran yang berbeda dengan orang-orang pada umumnya, sehingga tulisan kita banyak menjadi perhatian si pembaca,” tutur Karmin Winarta, Community Development Manager Liputan6.com.

Wawasan penulisan kreatif ala pewarta warga disimak antusias oleh 15 mahasiswa IPB Youth Journalist yang melakukan kunjungan ke Ruang Redaksi Liputan6.com, Sabtu (11/6) kemarin. Kunjungan media visit ini termasuk rangkaian acara terakhir Emtek Goes to Campus IPB  pada 3-4 Juni di Graha Widya Wisuda, IPB, Bogor, Jawa Barat. 

Ditulis oleh Putri Ariesa

Departemen Sains Komunikasi dan Pengembangan Masyarakat

Fakultas Ekologi Manusia Institut Pertanian Bogor

Surel: putriariesa9[at]gmail[dot]com

Twitter/IG: putriariesas | LINE : putriaries

Artikel Rekomendasi

Dahsyatnya Foto-foto Gelombang Laut Pantai Selatan, Mengerikan  

**Jadilah bagian dari Komunitas Campus CJ Liputan6.com dengan berbagi informasi & berita terkini melalui e-mail : campuscj6[at]gmail[dot]com serta follow official Instagram @campuscj6 untuk update informasi kegiatan-kegiatan offline kami.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.