Sukses

Ditemukan Mentega Berumur 2000 Tahun, Masih Bisa Dimakan?

Seorang petani di Irlandia, Jack Conway menemukan gumpalan mentega berumur 2000 tahun terkubur di dalam rawa gambut

Liputan6.com, Jakarta Seorang petani di Irlandia, Jack Conway menemukan gumpalan mentega berumur 2000 tahun terkubur di dalam rawa gambut di Emlagh Bog ,County Meath, Irlandia. Gumpalan mentega seberat 10 kg itu terkubur sedalam 5 meter. Mentega itu ditemukan ketika Conway sedang memotong rumput kering untuk bahan bakar.

Dilansir FoxNews.com, seorang kurator dari Cavan County Museum, Savina Donohoe mengatakan, penemuan mentega itu dinilai sangat berharga. Ia bahkan memprediksi mentega itu masih bisa dimakan. "Tanah gambut mempunyai sifat yang unik. Kandungan asam yang sedikit dan tanpa oksigen membuat mentega terjaga keawetannya," ujar Donohoe.
"Ini sangat penting. Mentega lama sangat berharga. Itu dilihat sebagai barang yang mewah."

Pada zaman dulu, mentega merupakan bahan makanan yang sangat berharga. Kuat dugaan, mentega itu dipercaya sebagai barang sesajen karena mentega dikubur tanpa wadah. Penemuan mentega tak hanya sekali itu saja. Museum mencatat, dalam kurun tiga tahun ini, sebanyak 400 gumpalan mentega ditemukan Irlandia dan Skotlandia.

"Meskipun 2000 tahun dikubur, gumpalan mentega itu masih memiliki bau yang khas," ujar Donohoe.

"Ada bau yang kuat dari tangan saya setelah menyentuh mentega itu."

Kini gumpalan mentega seberat 10 kilogram itu sedang dalam perjalanan ke National Museum of Irlandia. Mentega itu akan diteliti lebih lanjut, termasuk apakah masih bisa dimakan atau tidak.

(War)

**Ingin berbagi informasi dari dan untuk kita di Citizen6? Caranya bisa dibaca di sini

**Ingin berdiskusi tentang topik-topik menarik lainnya, yuk berbagi di Forum Liputan6

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini