Sukses

Budidaya Pohon Sengon dan Jahe Merah CSR Wijaya Karya

Tak jauh dari Ibu Kota, tepatnya di Kota Bogor, Kecamatan Pamijahan, Desa Cibunian.

Campus CJ, Jakarta- PT Wijaya Karya (WIKA), BUMN yang bergerak di bidang konstruksi bangunan ini sering kita lihat lambangnya di banyak proyek pembangunan. Walaupun sering menimbulkan kemacetan, hasil pekerjaan WIKA sungguh memudahkan kita.

Proyek MRT, flyover, gedung pencakar langit, hingga pembuatan jalan tol dan bandara menjadi proyek sehari-hari dari perusahaan yang bermarkas di daerah Cawang tersebut. 

Tak sedikit infrastruktur negeri ini dibangun oleh WIKA, banyak dari proyeknya adalah proyek vital bagi kelangsungan pembangunan negara.

Tak jauh dari Ibukota, tepatnya di kota Bogor, Kecamatan Pamijahan, Desa Cibunian terdapat budidaya pohon Sengon yang berada tepat di hulu Sungai Cisadane. Sungai ini kerap menjadi momok bagi warga Jakarta, karena dari situlah asal mula banjir terjadi. Dengan budidaya pohon sengon CSR dari Wijaya Karya berupaya melakukan suatu inovasi yang tidak pernah terpikirkan sebelumnya oleh perusahaan besar manapun.

Dengan pohon Sengon yang menyerap air tanah, air yang setiap tahunnya memenuhi bendungan Katulampa berangsur-angsur menurun.

Luas lahan yang dipakai untuk budidaya pohon sengon di desa Cibunian ini adalah 65 hektar. Tak hanya pohon sengon yang dibudidayakan tapi, juga terdapat tumbuhan jahe merah yang di kembangkan.

Tak main-main jahe merah yang dihasilkan kualitasnya ekspor dan menjadi pemasok restoran-restoran besar di Jakarta.

“Program ini sudah berlangsung selama 1 tahun lebih, dan sudah cukup banyak memberikan dampak positif bagi masyarakat sekitar terutama para petani Sengon, " Ucap pak Iqbal sebagai ketua dari CSR WIKA dalam program budidaya ini.

“Kami ingin menjadi salah satu program yang berhasil dan bermanfaat bagi orang banyak” lanjut pria lulusan IPB itu.

Ini adalah hal baik dari WIKA, tak hanya membangun peradaban negeri ini, tetapi juga menjaga keseimbangan antara Manusia, pembangunan dan alam. Karena, kadang kita sendiri pun tak mengindahkan hadirnya alam yang selama ini menaungi, menjaga dan memberikan segala miliknya untuk kita.

WIKA telah sukses, menjaga dan mengayomi masyarakat, tak hanya membangun tetapi juga menjaga kesejahteraan masyarakat melalui langkah yang lebih nyata.

Penulis :
Darmawan Syawaldi - AkommRTVi Global Media


Jadilah bagian dari Komunitas Campus CJ Liputan6.com dengan berbagi informasi & berita terkini melalui e-mail : campuscj6@gmail.com serta follow official Instagram @campuscj6 untuk update informasi kegiatan-kegiatan offline kami.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.