Sukses

5 Presiden Terhebat yang Sukses Berantas Korupsi

Indonesia perlu mencontoh dari presiden-presiden berikut ini

Liputan6.com, Jakarta - Di negara manapun, kasus korupsi pasti ada, tak terkecuali di Indonesia. Tinggal bagaimana pemerintah setempat menanganinya. Dan mungkin, Indonesia harus mencontoh beberapa presiden berikut ini yang sukses memberantas korupsi.

1. Ollanta Humala (Peru)

Ollanta Humala terpilih sebagai Presiden Peru pada tahun 2011 lalu. Satu tahun berselang, ia langsung membuat keputusan besar demi memberantas korupsi di negaranya.

Setidaknya ada sekitar 30 dari 45 jenderal polisi yang diberhentikan. Mereka dianggap telah melakukan tindakan korupsi yang merugikan negara Peru.

2. Lee Myung Bak (Korea Selatan)

Sikap tegas dalam mengambil keputusan tentang kasus korupsi juga ditunjukkan mantan Presiden Lee Myung Bak. Ketika masih menjabat sebagai presiden, Lee pernah memerintahkan kepolisian untuk menangkap kakaknya sendiri yang terlibat kasus suap, Lee Sang Deuk. Lee Sang Deuk sendiri ketika itu menjabat sebagai anggota parlemen Korea Selatan.

Deuk diduga menerima uang dari pimpinan bank karena telah membantu menghindar dari audit bank. Peristiwa ini terjadi pada kurun waktu 2007 sampai 2011. Lee Myung Bak selaku orang nomor satu di Korea Selatan mengaku malu dengan kasus yang menimpa kakaknya tersebut. Ia tak hentinya meminta maaf kepada rakyatnya sendiri melalui media.

Selengkapnya, baca langsung di sini

**Ingin berbagi informasi dari dan untuk kita di Citizen6? Caranya bisa dibaca di sini

**Ingin berdiskusi tentang topik-topik menarik lainnya, yuk berbagi di Forum Liputan6

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini