Sukses

Kenali 8 Tanda Anda Kecanduan Smartphone

Bila 8 tanda ini terjadi, Anda bisa saja kecanduan smartphone.

Liputan6.com, Jakarta Harus diakui, kehadiran smartphone atau telepon pintar sekarang tak lagi sekadar menjadi perangkat komunikasi biasa. Pada awalnya dirancang menghantarkan suara dan pesan, sentuhan Internet mengubah fungsinya bisa menjadi perangkat bermain gim, berjejaring sosial, mengedit foto dan video, dan lainnya.

Otomatis, hadirnya beragam fitur menarik ini semakin "mengikat" pengguna agar terus bermain dengan smartphone-nya sehingga menjadi kecanduan.

Dilansir dari laman Deutsche Welle, Selasa (5/7/2016), studi di Iowa State University menunjukkan bahwa nomofobia, sebutan untuk rasa takut tidak sedang memegang ponsel, adalah hal yang nyata.

Selain nomophobia, penggunaan smartphone secara berlebihan dapat menyebabkan gangguan kesehatan seperti sakit kepala, iritasi kepala, dan vertigo hingga kebutaan. (Baca : Awas, Sering Main Ponsel Sebelum Tidur Dapat Sebabkan Kebutaan).

Banyak orang yang kecanduan smartphone, bahkan ketika sebelum tidur pun sempat mengecek smartphone

Para peneliti juga mengungkap tanda-tanda jika Anda kecanduan telepon pintar. Simak tanda-tanda kecanduan smartphone berikut ini :

1. Tak Bisa Lepas dari Genggaman

Muncul perasaan aneh tanpa menggenggam smartphone, hingga Anda tidak tahu apa lagi apa yang bisa dilakukan. Sampai-sampai smartphone pun dibawa tidur atau diletakkan di samping bantal.

2. Selalu Mencari Sambungan Internet

Jika sambungan data 3G/4G tidak berfungsi atau smartphone tidak bisa terhubung dengan Wi-Fi, Anda akan kerap memeriksa apakah ada jaringan Wi-Fi di lokasi Anda. Anda seolah-olah merasa terasing tanpa smartphone tersambung dengan Internet.

Simak tanda-tanda kecanduan smartphone lainnya dengan meng-klik tautan berikut ini.

Artikel Rekomendasi

Tanpa Lengan, Model Cantik Rebekah Marine Ini Pukau Ratusan Orang

Simak, 6 Fakta Unik Tentang Orgasme Wanita

Tanda-tanda Kehidupan Seks yang Sehat Menurut Seksolog

**Ingin berbagi informasi dari dan untuk kita di Citizen6? Caranya bisa dibaca di sini.

**Ingin berdiskusi tentang topik-topik menarik lainnya, yuk berbagi di Forum Liputan6.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.