Sukses

Pada 14 November, NASA Sarankan Anda Tidur di Luar Rumah

Fenomena ini tidak akan mempengaruhi kesehatan manusia. Hanya saja mungkin akan berdampak pada

Liputan6.com, Jakarta Ada fenomena alam yang langka yang mungkin seumur hidup Anda hanya punya kesempatan sekali untuk melihatnya. Salah satu fenomena alam itu di antaranya terjadi pada 14 November 2016.

Dilansir WittyFeed.com, pada momen itu Bulan akan tampak sangat besar. Fenomena ini disebut Supermoon yang terjadi setiap 69 tahun sekali. Dan fenomena ini merupakan yang pertama kalinya di abad ke-21.

Astronom Umum di Royal Observatory, Greenwich, Dr Marel Kukula mengatakan Bulan akan berada posisi paling dekat dengan Bumi. "Anda tahu bulan purnama, maka fenomena ini bulan akan tampak lebih terang dan lebih besar dari fenomena bulan purnama," ujarnya.

Supermoon akan terlihat pada 20:09 GMT, pada saat itu jarak Bulan dan Bumi hanya berkisar 217.000 mil. Bulan akan terlihat mempesona dan berseri-seri pada malam kedua antara 13 dan 14 November.

Fenomena Supermoon

NASA menyarankan agar Anda tidak melewatkan momen langka tersebut. Sebab fenomena Supermoon hanya akan terjadi lagi pada 2034 mendatang.

Marel mengatakan, fenomena ini tidak akan mempengaruhi kesehatan manusia. Hanya saja mungkin akan berdampak pada gelombang air laut yang tinggi. Sebab pada saat Bulan mendekati Bumi akan terjadi peningkatan gaya gravitasi di Bumi.

"Akan ada tarikan gravitasi yang lebih besar. Secara alami gelombang air laut akan pasang, tapi tidak akan mempengaruhi cuaca apalagi kesehatan Anda," ujarnya.

Uniknya fenomena ini bisa disaksikan dengan mata telanjang dan bahkan Anda bisa mengabadikannya dengan kamera smartphone. Supermoon akan tampak istimewa jika Anda melihatnya di tempat yang minim cahaya.

(War)

 

**Ingin berbagi informasi dari dan untuk kita di Citizen6? Caranya bisa dibaca di sini.


**Ingin berdiskusi tentang topik-topik menarik lainnya, yuk berbagi di Forum Liputan6.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini