Sukses

Dokter China Mampu Membuat Telinga dengan Cara Menanam di Badan

"Kedengarannya seperti Anda sedang menanam tomat," tulis media itu.

Liputan6.com, Jakarta Seorang pria di China bermarga Ji, kehilangan telinganya karena kecelakaan lalu lintas yang mengerikan. Kin setelah satu tahun berlalu, Ji mendapat kabar baik bahwa dokter akan membuatkannya telinga.

Dilansir Mynewshub.cc, dokter di Rumah Sakit Universitas Jiaotong Xi'an, Guo Shuzong telah menanam telinga di lengan Ji. "Kedengarannya seperti Anda sedang menanam tomat," tulis media itu.

Guo menjelaskan, telinga yang ditanam diambil dari tulang rawan di salah satu tulang rusuk Ji. Karenanya butuh setidak tiga fase agar telinga itu tumbuh sempurna dan dipindah ke kepala.

Transplantasi TelingaPada fase pertama, dokter menempelkan telinga ke lengan Ji untuk mengembangkan kulit. Lalu pada fase kedua dokter harus menanam tulang rawan di bagian bawah telinga untuk memicu pertumbuhan telinga baru.

"Fase ketiga merupakan pemindahan dari telinga baru ke kepala pasien," ujar Shuzong.

Dari proses penanaman hingga pemasangan telinga, dokter hanya memerlukan waktu sekitar 4 bulan. Kini telinga baru Ji sudah terpasang. "Ini kelihatan seperti telinga lama saya," ujar Ji.

(War)

 

**Ingin berbagi informasi dari dan untuk kita di Citizen6? Caranya bisa dibaca di sini.

 

**Ingin berdiskusi tentang topik-topik menarik lainnya, yuk berbagi di Forum Liputan6.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.