Sukses

Jajanan di Pasar Lama Tangerang yang Harus Kamu Coba

Sambil jalan-jalan di daerah Pecinan, jangan lupa untuk rasakan tiga jajanan di Pasar Lama Tangerang ini.

Liputan6.com, Jakarta Jajanan di Pasar Lama Tangerang ini Harus Kamu Coba
StandardJanuary 29, 2017by Chrysanthi Tarigan0 Comments

Sambil jalan-jalan di daerah Pecinan, jangan lupa untuk rasakan tiga jajanan di Pasar Lama Tangerang ini.  Ada makanan legendaris yang sudah diturunkan secara turun temurun dan sampai saat ini masih menjadi tradisi. Jajanan apa saja sih, yuk kita lihat.

 1. Kecap Benteng SH

Cari oleh-oleh khas Kota Tangerang?  Si hitam yang legendaris ini patut kamu beli untuk saudara dan kerabatmu.  Kecap ini awalnya dibawa oleh Bangsa Cina yang mendarat di Tangerang (baca: Menilik Sejarah dan Kehidupan Bangsa Cina di Indonesia ).  Menurut tour guide yang ada di Museum Benteng Heritage, sebutan Kecap no.1 itu awalnya berasal dari Kecap Benteng Siong Hin (SH).  Dulu memang namanya adalah Kecap Benteng No.1.  Untuk membedakan kualitas dan rasa, maka kecap ini mulai diberi nama Kecap no 1.A, Kecap no.1 B dan seterusnya, tetapi tidak ada Kecap no.2.

Awalnya, kecap yang dibawa dari negeri Cina sangatlah asin.  Karena orang Indonesia tidak begitu menyukai rasa asin, maka diberilah gula merah dan lahirlah kecap manis.  Saat ini ada tiga jenis kecap yaitu asin,manis dan sangat asin.  Kecap yang sangat asin dikeluarkan hanya pada saat-saat tertentu seperti imlek.    Kecap ini awalnya dibuat oleh Lo Tjit Siong dan diteruskan turun temurun oleh anak cucunya.  Sampai saat ini Kecap Benteng SH diproduksi rumahan di daerah Pasar Lama, Tangerang.

Selengkapnya baca di sini

**Ingin berbagi informasi dari dan untuk kita di Citizen6? Caranya bisa dibaca di sini.

**Ingin berdiskusi tentang topik-topik menarik lainnya, yuk berbagi di Forum Liputan6.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini