Sukses

8 Wanita Ditangkap Karena Menyamar Jadi Pria untuk Nonton Bola

Mereka ditangkap karena para wanita tidak seharusnya menonton bola secara langsung di stadiun yang penuh pria

Liputan6.com, Teheran - Delapan wanita Iran ditangkap polisi karena kedapatan menyamar dengan berpakaian seperti pria agar bisa menonton pertandingan sepak bola secara langsung.

Hukum di negara tersebut melarang wanita menyaksikan olahraga secara langsung di tempat yang sama dengan pria menonton. Kedelapan wanita itu pun ditahan oleh kepolisian setelah digiring dari Stadiun Azadi.

Para wanita itu mencoba menyamar karena ingin menonton pertandingan Esteghlal FC melawan Persepolis FC. Kepala keamanan Teheran, Alireza Adeli, mengatakan kalau kejadian tersebut bukanlah yang pertama kalinya terjadi.

"Larangan itu bertujuan untuk menjaga martabat wanita karena lingkungan yang kacau dan orang bergaul bebas. Itu bukan tempat yang baik untuk wanita," ujar Alireza seperti dilansir dari Mynewshub.

Menurut Alireza, untuk kaum wanita, pemerintah telah menyiarkan pertandingan tersebut di tv agar mereka tak perlu bercampur bersama laki-laki. Para wanita baru bisa menonton langsung di stadion bila yang bertanding hanyalah tim wanita saja.

Pertauran ketat itu dilaksanakan sejak 1982 menyusul kebangkitan Revolusi Iran. Kedelapan wanita itu nantinya akan dikenakan dakwaan di sebuah pengadilan syariah.

**Ingin berbagi informasi dari dan untuk kita di Citizen6? Caranya bisa dibaca di sini

**Ingin berdiskusi tentang topik-topik menarik lainnya, yuk berbagi di Forum Liputan6

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini