Sukses

6 Tanaman Ini Mampu Turunkan Tagihan Listrik Rumah

Liputan6.com, Jakarta Musim kemarau hampir tiba. Suhu udara di dalam ruangan tentu akan lebih panas. Penggunaan air conditioner (AC) atau kipas angin untuk menyejukkan ruangan akan semakin intens. Akibatnya, tagihan listrik akan membengkak. Untuk itu, Anda harus memikirkan cara alternatif lainnya bukan?

Dilansir dari WittyFeed, Anda sebenarnya dapat mengganti alat-alat elektronik penyejuk ruangan dengan tanaman. Selain mampu mengatur suhu ruangan agar sejuk, tanaman berikut ini juga mampu menambah nilai estetis ruangan rumah Anda.

1. Snake Plant (lidah mertua)

 1. Snake Plant (lidah mertua). Foto: WittyFeedLidah mertua sangat ideal ditempatkan di kamar tidur. Tidak seperti tanaman lainnya, lidah mertua melepaskan oksigen saat malam hari. Tidur Anda akan makin berkualitas dengan udara di sekitar Anda menjadi lebih sejuk.

2. Aloe Vera (lidah buaya)

2. Aloe Vera (lidah buaya). Foto: WittyFeed

Lidah buaya adalah tanaman yang mampu menurunkan suhu panas di ruangan. Selain itu, lidah buaya cukup efektif meningkatkan kualitas udara di dalam ruangan. Tanaman yang satu ini mampu memurnikan udara dari racun jenis formaldehid.

3.  Areca Palm Tree (pohon palem)

3.  Areca Palm Tree (pohon palem). Foto: WittyFeed

Tanaman ruangan paling populer ini mampu membersihkan udara secara alami. Pohon ini mampu menurunkan suhu udara dalam kamar.

4. Boston Fern (pakis boston)

4. Boston Fern (pakis boston). Foto: WittyFeedMeski lebih banyak orang menggunakan tanaman ini sebagai hiasan, pakis Boston sebenarnya memiliki fungsi sebagai pembersih udara. Pakis Boston memiliki sifat mendinginkan suhu secara alami.

5. Baby Rubber Plant (beringin karet)

5. Baby Rubber Plant (beringin karet). Foto: WittyFeed

Tanaman ini juga efektif memurnikan dan mendinginkan udara dalam ruangan. Beringin karet sangat mudah ditanam asalkan ditempatkan di tanah yang subur.

6. Golden Pothos (sirih gading)

6. Golden Pothos (sirih gading). Foto: WittyFeed

Tanaman ini sangat ampuh menangkal racun seperti xylene, benzene, carbon monoxide, dan formaldehida. Sebagaimana tanaman sebelumnya, sirih gading juga punya kemampuan mendinginkan udara dalam raungan.

(war)

 

**Ingin berbagi informasi dari dan untuk kita di Citizen6? Caranya bisa dibaca di sini.

**Ingin berdiskusi tentang topik-topik menarik lainnya, yuk berbagi di Forum Liputan6.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini