Sukses

Tiap Jajanan Tradisional Khas Indonesia Punya Cerita Menyentuh

Ketika menikmati jajanan tradisional khas Indonesia dari suatu daerah, pernahkah anda terpikir ada kisah menariknya?

Liputan6.com, Jakarta Ketika menikmati jajanan tradisional khas Indonesia dari suatu daerah, pernahkah anda terpikir ada kisah menarik yang menyentuh perasaan di balik pembuatannya?

Agaknya akan lebih banyak yang menjawab tidak dari pada mengiyakan pertanyaan tersebut. Tak heran kalau kemudian jajanan tradisional khas Indonesia di berbagai daerah mulai kalah bersaing dengan produk jajanan dari luar.

Apalagi di kalangan generasi muda yang tampaknya cenderung menganggap produk jajanan dari luar lebih trendi dan menjadi simbol kekinian. Bagi mereka, jajanan tradisional mungkin sudah dianggap jadul dan kurang menarik.

Berlatar belakang kondisi tersebut, maka di awal Januari 2017 Wulandari memulai gagasannya membuat Jajan Story untuk menjadi pelopor gerakan #revolusijajananindonesia. Melalui Jajan Story, Wulandari menggandeng produsen-produsen jajanan tradisional Indonesia untuk membangun jaringan sukses bersama dalam mengangkat kembali jajanan tradisional Indonesia, agar bisa menjadi gaya hidup pilihan utama masyarakat.

Foto: Jajan Story

Mengapa Jajan Story? Karena Wulandari yakin, bahwa setiap produsen jajanan tradisional dari berbagai daerah yang menjadi mitranya, pasti memiliki cerita tersendiri dalam membuat jajanan tersebut.

“Rasa jajanan yang nikmat ditambah cerita kehidupan pembuatnya, diharapkan bisa menyentuh psikologi konsumen untuk lebih menggemarinya,” jelas Wulandari.

Untuk menjadi mitra, produsen jajanan yang berasal dari berbagai daerah itu dikurasi pihak manajamen Jajan Story, sehingga benar-benar tidak menggunakan bahan pengawet dan hanya menggunakan pewarna yang memang diperuntukkan buat makanan.

“Secara nutrisi, produk Jajan Story terjamin dari sisi kesehatan,” ujar Wulandari memastikan. Agar kemasannya lebih menarik, Wulandari menggandeng Arif Satria menjadi desainer kemasan Jajan Story.

“Dengan kemasan yang unik, akan menarik perhatian konsumen untuk membeli,” ungkap Arif Satria saat acara silaturahim dan buka bersama dengan para mitra produsen, Minggu (18/6) lalu.

Dengan beberapa kombinasi terobosan tersebut, Wulandari bermimpi suatu saat masyarakat akan banyak yang antri membeli makanan khas Indonesia, seperti: awug-awug dari Jawa, kue timpan dari Aceh, kue lumpang dari Palembang atau Jambi dan lain-lain.

“Semoga 2-3 bulan lagi kita akan me-launching gerai Jajan Story. Mudah-mudahan bisa digemari masyarakat,” harap Wulandari

Penulis:

Tohal Mansur

Jalan Hang Jebat 1 no 3 Kebayoran Baru Jakarta Selatan

Twitter: @tohalmansur

*Yuk tonton video menarik berikut ini:

**Ingin berbagi informasi dari dan untuk kita di Citizen6? Caranya bisa dibaca di sini

**Ingin berdiskusi tentang topik-topik menarik lainnya, yuk berbagi di Forum Liputan6

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.