Sukses

9 Kebiasaan yang Bikin Baterai Smartphone Cepat Rusak

Android atau iPhone, seiring waktu pemakaian, sering mengalami berbagai macam masalah, seperti kerusakan baterai.

Liputan6.com, Jakarta - Android atau iPhone--seiring waktu pemakaian--sering mengalami berbagai macam masalah. Salah satunya adalah masalah baterai cepat habis. Hal tersebut sudah menjadi masalah yang sering dijumpai setiap pengguna. Mungkin kita sudah berusaha melakukan berbagai macam optimasi agar baterai ponsel tetap awet.

Selain itu dengan rutin melakukan perawatan, paling tidak kita bisa menunda mengganti perangkat baru. Tapi meskipun kita sudah sangat berhati-hati dalam merawatnya, masalah baterai cepat habis masih saja terjadi.

Berikut beberapa alasan mengapa baterai ponsel cepat habis dan jadi gampang rusak. 

1. Kecerahan Layar Diatur Terlalu Tinggi

Sumber utama mengapa baterai ponsel cepat habis adalah kecerahan layar yang diatur terlalu tinggi. Baik itu kita mengaturnya secara manual atau mengatur secara otomatis sesuai dengan kondisi ruangan.

Hal ini bisa saja membuat ponsel tetap memberikan tingkat kecerahan yang sama saat berada di dalam rumah. Sebenarnya cara lain untuk mengurangi konsumsi daya baterai karena faktor kecerahan adalah dengan mempersingkat waktu hidup layar setelah kita berhenti menggunakannya.

2. Ponsel Selalu Mencari Jaringan WiFi

Ketika ponsel terus-menerus mencari sinyal WiFi, hal ini juga bisa dengan cepat mengonsumsi daya baterai. Jika kita tidak lagi menggunakan jaringan WiFi atau saat berada di luar ruangan yang jauh dari area WiFi maka lebih baik kita menonaktfikan WiFi guna mencegah ponsel mencari sinyal yang tidak digunakan.

3. Notifikasi Aktif Sepanjang Hari

Coba pikirkan apa yang dilakukan ponsel kita sepanjang hari. Jika ponsel tersebut terus menyala, bergetar, atau menampilkan notifikasi, maka hal ini sudah pasti bisa menguras baterai dengan cepat. Notifikasi yang aktif sepanjang hari ini juga sangat mempengaruhi mengapa baterai bisa cepat habis.

Setiap kali notifikasi tersebut tidak hanya menampilkan suara misal dengan bergetar atau lampu kedap-kedip maka ini juga bisa mengonsumsi daya baterai lebih cepat dibandingkan menggunakan mode senyap. Jadi pastikan juga kita hanya mengaktifkan notifikasi pada aplikasi yang kita gunakan. Kurangi jumlah notifikasi pada aplikasi berita atau gim yang biasanya selalu muncul dalam jumlah banyak.

Selengkapnya bisa kamu baca di sini.

(ul)

 

**Ingin berbagi informasi dari dan untuk kita di Citizen6? Caranya bisa dibaca di sini.

**Ingin berdiskusi tentang topik-topik menarik lainnya, yuk berbagi di Forum Liputan6.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.