Sukses

7 Manfaat Tak Terduga Membiasakan Menarik Napas Panjang dan Dalam

Aktivitas bernapas terjadi begitu saja dan sering kali tidak disadari oleh kebanyakan orang. Padahal, ada begitu banyak rahasia kesehatan.

Liputan6.com, Jakarta - Aktivitas bernapas terjadi begitu saja dan sering kali tidak disadari oleh kebanyakan orang. Padahal, ada begitu banyak rahasia kesehatan tersembunyi di baliknya jika kita mampu mengolah pernapasan secara baik dan benar. Tahukah Anda, pernapasan cepat dan dangkal dapat menghalangi sistem dalam tubuh memperoleh oksigen memadai agar dapat bekerja dengan baik dan pada tingkat maksimalnya.

Sebaliknya, pernapasan yang dalam dan panjang dapat meningkatkan mood sekaligus bahkan memperpanjang umur seseorang. Oleh karena itu, ada baiknya jika Anda meluangkan sedikit waktu untuk duduk dan berlatih pernapasan dalam minimal satu kali sehari. Berikut beberapa manfaat tak terduga menarik napas dalam bagi kesehatan tubuh maupun mental.

1. Menyingkirkan Racun dalam Tubuh

Tubuh menyingkirkan racun dalam tubuh melalui berbagai proses seperti buang air kecil, buang air besar, dan berkeringat. Namun, tahukah Anda bahwa bernapas ternyata juga membantu mengeluarkan racun dari dalam tubuh. Setiap kali kita bernapas, tubuh akan memperoleh asupan oksigen yang dibutuhkan dan karbondioksida akan ikut serta dikeluarkan bersamaan dengan membuang napas.

2. Mengurangi Stres

Pernapasan dalam ternyata juga dapat mengurangi stres. Oksigen yang masuk akan membuat tubuh sedikit lebih rileks dan membantu otak berpikir lebih jernih. Pernahkah Anda menyadari, saat stres, pernapasan akan menjadi lebih dangkal dan otot-otot akan berkontraksi. Lakukanlah pernapasan dalam-dalam dan rasakanlah, tubuh akan menjadi lebih rileks dan ketegangan pikiran akan sedikit berkurang.

3. Meningkatkan Kepuasan Seksual

Pernapasan dalam juga bisa membantu seseorang menikmati kepuasan seksual yang lebih baik, dalam hal ini adalah kenikmatan orgasme. Pernapasan yang dalam dan panjang juga dapat meningkatkan suplai darah ke alat vital saat berhubungan intim.

Selengkapnya, baca langsung di sini

**Ingin berbagi informasi dari dan untuk kita di Citizen6? Caranya bisa dibaca di sini

**Ingin berdiskusi tentang topik-topik menarik lainnya, yuk berbagi di Forum Liputan6

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.