Sukses

Langka, Fotografer Abadikan Momen Paus Sperma Tidur Siang

Pernahkah Anda bertanya: apakah paus sperma tidur?

Liputan6.com, Jakarta - Pernahkah Anda bertanya: apakah ikan bisa tidur? Atau jika lebih spesifik pada ikan paling besar di lautan, apakah paus sperma tidur?

Ini bukan pertanyaan yang sering ditanyakan, namun bila memang demikian, apakah jawabannya? Jawabannya, ya, paus sperma tidur. Lalu, mana buktinya?

Seorang fotografer bawah air berhasil menangkap momen langka saat sekelompok raksasa laut ini tidur siang. Franco Banfi adalah fotografer yang menangkap momen sangat langka itu di Laut Karibia, dekat Pulau Dominika.

Melansir dari Bored Panda, menurut Franco, sekelompok paus sperma itu tiba-tiba berhenti bergerak dan beristirahat dengan posisi vertikal. Dan tidur siang para paus sperma itu juga tidak berlangsung lama, hanya 6-24 menit.

Perilaku tidur siang tersebut pertama kali didokumentasikan pada tahun 2008. Waktu itu, satu tim ahli biologi dari Inggris dan Jepang berhasil menangkap momen sekelompok paus sperma yang tidur. Setelah studi lebih lanjut, mereka menemukan bahwa tidur kolektif tersebut hanyalah sekitar 7 persen dari kehidupan ikan paus. *

**Ingin berbagi informasi dari dan untuk kita di Citizen6? Caranya bisa dibaca di sini

**Ingin berdiskusi tentang topik-topik menarik lainnya, yuk berbagi di Forum Liputan6

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.