Sukses

Suka Makan Es Krim? Ini Caranya agar Tidak Cepat Meleleh

Jepang menemukan resep es krim tidak mencair. Cara itu ditemukan dari kesalahan seorang koki pastry.

Liputan6.com, Jakarta - Es krim salah satu dessert lezat yang selalu digemari siapa pun. Tidak hanya anak kecil tapi orang dewasa pun juga suka mengonsumsinya. Namun, apa jadinya ya es krim tidak bisa mencair atau meleleh?

Di Jepang, tepatnya di Kanazawa, kesalahan seorang koki saat membuat es krim justru membuatnya menemukan cara agar es krim tidak lekas meleleh. Semua bermula saat seorang juru koki pastry tengah membuat kembang gula dengan menggunakan polifenol stroberi.

Namun, koki ini melakukan kesalahan saat susu krim dipadatkan dan langsung ditambahkan polifenol stroberi. Kejadian itu membuatnya tidak menemukan kembang gula baru, tapi malah menemukan bahwa polifenol berlebih itu bisa membuat es krim tidak meleleh jauh lebih lama.

(Es krim Kanazawa/facebook.com)

"Cairan polifenol memiliki sifat menyulitkan air dan minyak untuk memisahkannya," ujar Takeshi Yoda, Pimpinan Pusat Penelitian dan Pengembangan Bioterapi.

Dengan kata lain, es krim yang mengandung polifenol berlebih bisa bertahan tidak mencair. Ia juga mengungkapkan bahkan jika terkena udara panas dan pengering, es krim akan tetap membeku. Hm, menarik ya.

(nd)

Nuraida S Mizanto

STMM MMTC Yogyakarta

**Ingin berbagi informasi dari dan untuk kita di Citizen6? Caranya bisa dibaca di sini

**Ingin berdiskusi tentang topik-topik menarik lainnya, yuk berbagi di Forum Liputan6

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.