Sukses

Canggih dan Menjanjikan, Ini Pembangkit Listrik Tenaga Jalan Kaki

Tak disangka-sangka, dengan teknologi ini setiap langkah kaki yang kita lakukan dapat menghasilkan energi listrik.

Liputan6.com, Jakarta Terdengar tidak biasa memang, tapi dengan teknologi ini kita bisa menciptakan tenaga listrik hanya dengan berjalan kaki. Perusahaan PaveGen di Inggris melihat bahwa tenaga yang kita gunakan saat berjalan dapat dimanfaatkan untuk menghasilkan tenaga listrik. Bahkan, menurut mereka, hal ini bisa menjadi sumber tenaga listrik yang berkelanjutan. Terlebih, mengingat setiap harinya kita mesti berjalan kaki.

Saat ini PaveGen sedang mengembangkan teknologi tersebut. Mereka tengah mempersiapkan tempat di mana semua orang berjalan secara massal, seperti di mal, tempat publik, acara konser, sampai dengan sekolah. Teknologi mereka ini disiapkan dengan menerapkan prinsip induksi elektromagnetik yang telah ditemukan pada 186 tahun yang lalu.

Cara kerjanya, yakni saat kita melangkah, secara otomatis langkah kita menekan ke bagian bawah. Pada saat yang bersamaan, terdapat roda yang berputar di bagian bawah lantai, yang berfungsi untuk menyimpan energi serta mengubah energi kinetik menjadi energi listrik. Setiap langkah akan menghasilkan energi listrik sebesar 5 watt dan energi listrik akan terus bertambah mengingat semakin banyaknya orang yang akan lewat.

Teknologi ini juga sudah ditempatkan secara permanen di salah satu tempat di London, yang mereka beri nama Bird Street atau jalan ramah lingkungan yang pintar. Energi dari listrik ini nantinya akan mengalirkan ke dalam lampu-lampu penerangan dan speaker. 

Bagaimana tanggapanmu terhadap teknologi ini?

**Ingin berbagi informasi dari dan untuk kita di Citizen6? Caranya bisa dibaca di sini

**Ingin berdiskusi tentang topik-topik menarik lainnya, yuk berbagi di Forum Liputan6

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.