Sukses

Serentak di 3 Kota Besar, Begini Keseruan Indonesia Menari 2017

Indonesia Menari merupakan suatu program yang bertujuan untuk melestarikan budaya Indonesia

Liputan6.com, Jakarta Indonesia Menari merupakan suatu program yang sudah diselenggarakan sejak tahun 2012. Bakti Budaya Djarum Foundation kembali menghadirkan Indonesia Menari 2017 yang bertujuan untuk mengajak masyarakat Indonesia mengenal dan lebih dekat dengan tarian tradisional yang dikemas secara modern.

Lebih dari 3000 peserta yang terdaftar, Indonesia Menari 2017 dilangsungkan secara indoor dan berlangsung serentak di tiga kota yaitu, Jakarta, Bandung, dan Solo.

"Indonesia Menari merupakan salah satu upaya untuk mengenalkan seni tari tradisional Indonesia dengan cara yang mudah dan menyenangkan. Melihat antusiasme masyarakat yang berada di luar Jakarta, di tahun ini kami melakukan penambahan kota yaitu di Solo dan Bandung. Kami harap melalui Indonesia Menari 2017, khusunya generasi muda bangga dan ingin mempelajari tarian tradisional Indonesia," ujar Renitasari Adrian, Program Director Bakti Budaya Djarum Foundation.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Tidak Harus Penari, Siapapun Bisa Berpartisipasi

Indonesia Menari 2017 dilangsungkan dengan bentuk tarian massal koreografi yang menggabungkan beberapa gerakan tari tradisional nusantara dan tarian modern dengan durasi 4 menit. Pongky Prasetyo  dipercayai untuk mengaransemen lagu Indonesia Menari 2017.

Pongky menggabungkan lagu daerah dari Aceh (Bungong Jeumpa), Kalimantan (Cik Cik Periuk), Jawa Barat (Cingcangkeling), Maluku (Rasa Sayange), Sulawesi Utara (Si Patokaan) dan Nusa Tenggara Timur (Gemu Fa Mi Re).

Untuk gerakan Indonesia Menari 2017, dikonsep oleh Rosmala Sari Dewi dari CIOFF INDONESIA dengan gerakan tari tradisional yang dikemas secara modern.

"Saya mengkolaborasikan beberapa gerakan tari tradisional dari beberapa daerah dengan menyisipkan sedikit gerakan tari modern. Gerakannya cukup mudah diikuti, jadi siapapun bisa berpartisipasi. Menari dan melestarikan tarian daerah bukan hanya tugas penari, tetapi menjadi tugas kita semua," kata Rosmala Sari Dewi.

Untuk wilayah Jakarta, Indonesia Menari 2017 diselenggarakan di Grand Indonesia. Baik penari ataupun bukan, siapapun dapat berpartisipasi dalam acara ini. Tema Indonesia Menari 2017 adalah kostum etnik modern.

 

Penulis

Reza Sugiharto

 

**Ingin berbagi informasi dari dan untuk kita di Citizen6? Caranya bisa dibaca di sini

**Ingin berdiskusi tentang topik-topik menarik lainnya, yuk berbagi di Forum Liputan6

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.